Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dominasi Honda Jazz Bakal Diganggu All New Yaris

Segmen hatchback selalu dikuasai dua merek Jepang yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris. Tetapi sejak pertengahan tahun lalu Jazz menjadi raja tunggal lantaran penjualan Yaris dihentikan sementara sampai model barunya siap unjuk diri.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Segmen hatchback selalu dikuasai dua merek Jepang yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris. Tetapi sejak pertengahan tahun lalu Jazz menjadi raja tunggal lantaran penjualan Yaris dihentikan sementara sampai model barunya siap unjuk diri.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan All-New Yaris 1,5L made in Indonesia akan dirilis pada Maret 2014. Tapi, menyoal detail pembaruan dan harga jualnya, agen tunggal pemegang merek Toyota masih bungkam.

"Yaris terbaru penjualannya diharapkan tetap seperti rerata sebelumnya sekitar 2.000-an unit per bulan. Kalau bisa sih di atas 2.000 unit. Untuk harga dan spesifikasi harus menunggu undangan," tuturnya kepada Bisnis, Senin (3/3/2014).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan Jazz mencapai 27.803 unit setara 43,3% pasar hatchback nasional tahun lalu. Sementara itu, Yaris cuma 13.726 unit karena selepas Agustus 2013 penjualanya dari pabrikan ke diler nihil.

Pada Januari 2014, total wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) hatchback 3.186 unit, anjlok sekitar 39,4% dari 5.254 unit pada Januari 2013. Kontribusi terbesar berasal dari Jazz terjual 1.893 unit setara 36,02% pangsa pasar segmen ini.

Sebelum Yaris undur diri di pertengahan tahun lalu rerata penjualannya 2.000 unit per bulan. Tetapi, Toyota pun tak lantas mematok wholesales lebih tinggi dari itu untuk model terbaru yang dijuluki All-New Yaris.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler