Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Yakin Pertahankan 36% Pangsa Pasar

PT Toyota Astra Motor (TAM) memproyeksikan penguasaan merek Toyota di pasar otomotif domestik tetap 36% pada 2014. Persentase market share ini sama dengan target TAM untuk 2013.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) memproyeksikan penguasaan merek Toyota di pasar otomotif domestik tetap 36% pada 2014. Persentase market share ini sama dengan target TAM untuk 2013.

Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo mengatakan kontribusi penjualan terbesar pada tahun mendatang belum bergerak dari mobil multifungsi (multi-purpose vehicle/MPV). Selama Januari-November 2013, line up MPV murah dan menengah besutan Toyota berkontribusi 64,05% terhadap penjualan pabrik ke diler (wholesales).

Penguasaan Toyota di pasar MPV melalui Avanza dan Kijang Innova masing-masing terjual 196.093 unit dan 59.720 unit. Totalnya sejumlah 255.813 unit setara dengan 64,05% dari keseluruhan wholesales TAM 399.414 unit.

"Kami berharap market share tahun depan [setidaknya] 36%, kalau bisa lebih ya alhamdulillah. Kontribusi terbesar tetap dari MPV," tutur Rahmat kepada Bisnis, Jumat (27/12/2013).

Toyota Avanza yang kerap disebut sebagai mobil sejuta umat ini terbukti paling laris di segmen low MPV. Penjualannya tertinggi dibandingkan rival sekelasnya Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga.  

Lebih dari 5 tahun Avanza muncul di tengah-tengah masyarakat Indonesia tapi hingga kini TAM belum memastikan rencana pembaruan model ini secara signifikan baik pada tubuhnya maupun mesin di tahun depan.

"Kalau memang dibutuhkan, kami akan segera melakukan pembaruan. Tapi ini relatif, sesuai kebutuhan konsumen sejauh mana," ucap Rahmat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler