Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Land Cruiser hingga Mazda CX-3, Ini Mobil yang 'Disuntik Mati' Mulai 2022 di AS

Ada sejumlah faktor yang membuat perusahaan menghentikan penjualan sebuah kendaraan. Salah satunya, model-model tersebut kalah bersaing dengan kendaraan lain.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 30 Juli 2021  |  21:57 WIB
Land Cruiser hingga Mazda CX-3, Ini Mobil yang 'Disuntik Mati' Mulai 2022 di AS
Mazda CX3 model 2018. - Mazda
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mari ucapkan selamat tinggal pada Toyota Land Cruiser, Mazda CX-3 dan 6, serta Hyundai Veloster yang tidak akan diproduksi lagi mulai 2022.

Selain tiga model tersebut, masih ada kendaraan lain yang produksinya akan disetop pada tahun depan. Di antaranya adalah Honda Clarity, Polestar 1, dan Volkswagen Passat.

Ada sejumlah faktor yang membuat perusahaan menghentikan penjualan sebuah kendaraan. Salah satunya, model-model tersebut kalah bersaing dengan kendaraan lain, sehingga terus mengalami penurunan penjualan.

Di sisi lain, ketatnya pasar otomotif global menuntut para produsen untuk terus berinovasi menyesuaikan keinginan pasar. Oleh sebab itu, pergantian atau pembaruan model merupakan hal lumrah di industri otomotif secara global.

Berikut rangkuman mobil yang akan dihentikan produksinya mulai tahun depan:

1. Toyota Land Cruiser

Toyota dikabarkan bakal menyuntik mati Sport Utility Vehicle (SUV) ikonik Land Cruiser pada 2022 di Amerika Serikat. Keputusan itu diumumkan oleh perusahaan pada akhir 2020.

“Toyota Land Cruiser akan hilang di tahun 2022, tapi kami pikir itu akan segera kembali dalam nama dan bentuk jauh lebih modern bahkan lebih mewah,” ungkap salah seorang perwakilan dealer Toyota di Amerika Serikat, dilansir dari Caranddriver.com.

2. Mazda CX-3 dan Mazda 6

Produsen otomotif asal Jepang, Mazda pada pertengahan Mei 2021 mengumumkan bahwa Mazda CX-3 dan 6 akan dihentikan produksinya mulai 2022 di AS.

“Karena minat konsumen terus berkembang, Mazda akan menghentikan CX-3 dan Mazda 6 untuk model tahun 2022. Kami bangga dengan kinerja, desain, kualitas, dan keselamatan yang mereka berikan pada merek kami,” tulis Mazda dalam keterangan resminya.

3. Hyundai Veloster

Hyundai memutuskan untuk menyuntik mati model Veloster, dan memfokuskan diri untuk mengembangkan pasar mobil listrik secara global. Kinerja penjualan mobil hatchback ini dinilai tidak cukup baik, sehingga pabrikan memilih untuk menghentikan produksi Veloster.

4. Honda Clarity, Legend, dan Odyssey

Pada pertengahan Juni 2021, Honda Motor menyatakan bakal menghentikan produksi mobil sel bahan bakar Honda Clarity mulai tahun ini. Mobil yang meluncur pada 2016 ini diketahui mengalami penurunan penjualan sebesar 42 persen di Amerika Serikat pada 2019.

Dikutip dari Asia Nikkei, perusahaan juga akan menyetop produksi dari sedan Legend dan Odyssey. Ketiga mobil ini diproduksi di pabrik Sayama, Tokyo. Pabrik tersebut akan resmi ditutup pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2022.

5. Polestar 1

Pabrikan mobil asal Swedia, Polestar, bakal menyetop produksi salah satu sedannya yakni Polestar 1. Rencananya, masa bakti sedan mewah ini akan berakhir tahun ini.

Dilansir dari CNET, Polestar 1 hanya tersedia sebanyak 500 unit dan 150 di antaranya dikirim ke Amerika Utara pada tahun ini. Sementara itu, total produksinya hanya mencapai 1.500 unit secara global.

6. Volkswagen Passat

Volkswagen Passat Passat akan mengakhiri masa produksi setelah 2022. Sebagai simbol perpisahan, Chattanooga Plant, Tennessee di Amerika Serikat akan melansir seri pamungkas. Setelah merilis edisi terakhir, pabrikan bakal beralih fungsi merakit kendaraan listrik.

Dikutip dari Car and Driver, Volkswagen Passat dalam sejarahnya di Amerika Serikat telah muncul pada 1974, yang disebut sebagai VW Dasher hingga 1982. Selang beberapa tahun hadir VW Quantum 1990, yang diproduksi lokal di AS sejak 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil industri otomotif Pasar Mobil
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top