Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai mobil listrik saat diluncurkan sebagai kendaraan dinas Kementerian Perhubungan di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (16/12/2020).  - ANTARA FOTO
Premium

Menanti Peta Jalan Mobil Listrik dari Kementerian Perhubungan

24 Mei 2021 | 16:32 WIB
Upaya pemerintah dalam mendorong sektor kendaraan listrik tidak terlepas dari tren global kendaraan masa depan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Tujuannya, mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim pemanasan global di bumi.

Bisnis.com, JAKARTA – Progres pengembangan mobil listrik di Indonesia tengah menunggu kepastian dari peta jalan yang sedang disiapkan Kementerian Perhubungan. Roadmap ini menjadi penting karena tanpa skema yang jelas, Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) bakal jalan di tempat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peta jalan atau KBLBB telah dikoordinasikan dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemkomarvest). Presentasi dijadwalkan berlangsung pekan ini.

“Minggu depan akan kami presentasikan dalam satu diskusi yang lebih detil, sehingga bisa dijadikan pedoman atau patokan bagi stakeholder terkait,” ujar Budi Karya, pekan lalu.

Peta jalan dalam rangka mendukung program KBLBB untuk transportasi jalan di Indonesia sesuai dengan Peraturan Presiden No. 55/2012. Beleid itu menyebutkan percepatan KBLBB diselenggarakan melalui pengembangan industri baterai dalam negeri, pemberian insentif, penyediaan infrastruktur pengisian listrik, dan pengaturan tarif tenaga listrik.

Adapun wacana mengenai peta jalan KBLBB dari Kemenhub dimulai sejak tahun lalu. Pada Agustus 2020, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan Kemenhub diminta membuat peta jalan sehingga kendaraan listrik bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Sementara itu, Menhub mengaku saat ini sejumlah upaya untuk mendorong percepatan mobil listrik di Indonesia sudah dilakukan. Kemenhub menerbitkan beberapa regulasi yang mengatur KBLBB sebagai kendaraan operasional kementerian dan mendorong angkutan umum menggunakan bus listrik melalui program Buy The Service (BTS).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top