Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di Jakarta, Jumat (28/4). - JIBI - Dedi Gunawan
Premium

Mobil SUV, Dulu Dihina Kini Menjadi Tren Dunia

07 Mei 2021 | 14:35 WIB
SUV menjadi tren tidak hanya di dunia, tetapi juga di Indonesia. Persaingan segmen ini pun semakin ketat dengan hadirnya sejumlah model yang mengisi pasar dan saling beririsan.

Bisnis.com, JAKARTA – Pada Medio 1990-an, mobil sport utility vehicle atau akrab disebut SUV, muncul sebagai salah satu produk otomotif yang penjualannya tumbuh paling cepat. Seiring popularitasnya, model ini tak lepas dari kritik dan hinaan.

Jurnal berjudul An Analysis of the Impact of Sport Utility Vehicle in the United States (2000), menyebutkan bahwa kritik terhadap model SUV mencakup atas persepsi keselamatan, utilitas, serta besarnya emisi karbon yang dilepaskan oleh kendaraan tersebut.

“SUV umumnya lebih besar dan lebih berat daripada mobil biasa, sehingga membutuhkan bahan bakar per mil untuk beroperasi dan menghasilkan polutan dalam jumlah yang lebih besar,” tulis jurnal tersebut.

Kritik terhadap mobil SUV juga diutarakan oleh International Energy Agency (IEA) dalam November World Energy Outlook 2019. Laporan itu menyebutkan pangsa pasar SUV yang meningkat dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir, turut mendorong peningkatan karbon dioksida (CO2), dari 0,55 gigaton menjadi sekitar 0,7 gigaton.

Kondisi itu pun memosisikan SUV sebagai kontributor terbesar kedua terhadap peningkatan emisi CO2 secara global, terhitung sejak 2010. SUV bahkan menyumbang emisi lebih besar dibandingkan industri besi dan baja, aluminium, truk, serta penerbangan.

IEA mencatat saat ini sedikitnya ada 200 juta SUV di seluruh dunia, meningkat tajam dari volume 2010 yang hanya mencapai 35 juta unit. Data IEA juga menyebutkan SUV menyumbang 60 persen peningkatan armada kendaraan secara global sejak 2010.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top