Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi - Pekerja memasang komponen mobil. - Bloomberg / Kerem Uzel
Premium

Diskon PPnBM Mobil 2.500 cc Hanya Menguntungkan Satu Pabrikan?

26 Maret 2021 | 14:14 WIB
Hanya Toyota Innova dan Toyota Fortuner yang telah mengantongi tiket diskon PPnBM bulan depan. Sisanya, diperkirakan kesulitan memenuhi satu syarat bernama local purchase yang diusulkan saat ini.

Bisnis.com, JAKARTA –  Diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mobil 4x2 dan 4x4 berkubikasi mesin 1.500 cc hingga 2.500 cc sudah di depan mata. Pemerintah bisa dibilang sudah pasti menerapkan kebijakan tersebut per April 2021.

Kebijakan ini telah diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta dihadiri oleh Menteri Perindustrian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan ada dua skema diskon PPnBM yang diberikan kepada mobil berpenggerak 4x2 dan 4x4. Skema pertama untuk kendaraan 4x2 adalah mengurangi separuh tarif PPnBm yang semula 20 persen menjadi 10 persen pada April-Agustus 2021.Kemudian pada tahap II atau September-Desember 2021, PPnBm jenis mobil itu menjadi 15 persen.

Sementara itu, skema bagi kendaraan berpenggerak 4x4 adalah diskon sebesar 25 persen. Segmen mobil yang sedianya memiliki tarif PPnBM 40 persen akan menjadi 30 persen untuk tahap I dan 35 persen pada tahap II.

Namun ternyata tidak semua tersenyum dengan pengumuman kebijakan tersebut. Pasalnya diperkirakan hanya dua model yang dapat menikmati fasilitas PPnBM ditanggung pemerintah.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada delapan mobil berkubikasi 1.500 cc – 2.500 cc yang diproduksi di Indonesia. Mereka adalah BMW X1, Mini Cooper, Honda CR-V, Honda HR-V 1.8L, Hyundai Starex (khusus ekspor), Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Innova, dan Toyota Fortuner.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top