Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kendaraan produksi perusahaan otomotif nasional tengah diparkir di lapangan penumpukan PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tanjung Priok. Kendaraan-kendaraan ini siap dimuat ke kapal untuk selanjutnya diekspor ke negara tujuan - Bisnis / Rivki Mauana
Premium

Ekspor Mobil Indonesia Terganjal Safeguard Filipina

05 Januari 2021 | 16:49 WIB
Filipina memberlakukan safeguard berupa bea masuk tindakan pengamanan perdagangan sementara (BMTPs) terhadap produk mobil impor, termasuk dari Indonesia. Kebijakan ini, tentu menjadi tambahan beban tersendiri bagi industri otomotif Tanah Air.

Bisnis.com, JAKARTA – Belum usai persoalan masih urung pulih sepenuhnya penjualan mobil di dalam negeri, para produsen mobil Indonesia harus dihadapkan pada kendala baru. Adapun kendala itu adalah hambatan ekspor menuju Filipina.

Seperti dilansir dari Manila Bulletin, Selasa (5/1/2021), Filipina resmi memberlakukan safeguard berupa bea masuk tindakan pengamanan perdagangan sementara (BMTPs). Kebijakan itu diberlakukan mulai hari ini 5 Januari 2021.

Kebijakan itu diberlakukan kepada impor mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan (light commercial vehicles/LCVs). Menteri Perdagangan dan Industri Filipina Ramon M. Lopez mengatakan, langkah tersebut diambil guna melindungi industri domestik dari gempuran produk-produk luar negeri.

Dalam penerapannya, pemerintah Filipina mengeluarkan perintah pengenaan bea masuk sementara berupa uang jaminan sebesar 70.000 peso per unit untuk mobil penumpang impor dan 110.000 peso per unit untuk kendaraan niaga ringan impor.

Tindakan pengamanan sementara tersebut akan berlaku 15 hari sejak hari ini. Selanjutnya, tindakan pengamanan perdagangan tersebut akan diberlakukan selama 200 hari sejak dikeluarkannya perintah oleh Otoritas Bea Cukai Fiipina.

Adapun saat ini otoritas Filipina sedang melakukan penyelidikan formal terkait dampak yang lebih jauh dari produk otomotif impor tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top