Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mitsubishi Bagikan Tips Perawatan Oli Mobil untuk Hadapi New Normal

Ketika mobil sudah lama terparkir di rumah, maka menimbulkan potensi adanya pengendapan oli mesin pada bagian bak penampung oli.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  21:30 WIB
Ilustrasi. - istimewa
Ilustrasi. - istimewa
Bisnis.com, JAKARTA- Mobil yang lama tidak digunakan menimbulkan potensi terjadinya pengendapan oli mesin pada bagian bak penampung oli atau carter. Terlebih, jika mobil tidak pernah dinyalakan selama diparkir.  
Boediarto, Group Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan apabila oli terlalu lama mengendap di bagian bawah mesin, fungsinya sebagai pelumas akan berkurang. 
"Jika begitu maka dampaknya akan terasa saat mesin dinyalakan, komponen saling bergesekan tanpa adanya perlindungan dari oli," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (27/8/2020).
Menurutnya, pencegahan dapat dilakukan dengan rutin memanaskan mobil tiga hari sekali dengan tujuan menjaga sirkulasi oli di dalam mesin. Pengecekan dan penggantian oli mesin perlu dilakukan guna menjaga performa kendaraan. 
Dia menambahkan volume oli mesin pada kondisi aman jika berada di antara level maksimum dan minimum. Konsumen dapat melakukan pengecekan level oli mesin di tempat yang rata, agar hasil pengecekan akurat. 
"Jika posisi ketinggian volume oli mesin berada di bawah titik minimum, disarankan untuk dilakukan penambahan. Namun penambahan tersebut tidak bisa sembarang dilakukan, konsumen disarankan melakukan penambahan dengan oli yang sama," tuturnya. 
Hal lain yang perlu diketahui adalah volume oli mesin harus dalam takaran yang pas, tidak boleh kurang dan tidak berlebihan. Apabila volume terlalu penuh saat mobil digunakan, maka tekanan di dalam crankcase (area di kolong piston sampai oil pan) menjadi terlalu besar, sehingga dapat mengakibatkan seal oli bocor. 
Selain itu, jika oli mesin sudah membentuk sludge (lumpur) atau bahkan sudah seperti gel, tidak ada pilihan lain selain dilakukan penggantian dengan oli baru. Apabila kondisi oli mesin sudah mengental maka perlu dilakukan engine flush dengan cairan engine flush chemical
"Konsumen disarankan memanggil bengkel resmi untuk datang ke rumah dan melakukan penggantian oli. Konsumen bisa memanfaatkan layanan Home Service Mitsubishi untuk memudahkan perawatan berkala tanpa harus keluar rumah," ujar Boediarto. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mitsubishi New Normal
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top