Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Soichiro Honda.  - Carfromjapan.com
Premium

Obituari: Soichiro Honda, Melawan Permintaan Pemerintah hingga ‘Menjajah’ AS

07 Agustus 2020 | 20:24 WIB
Soichiro Honda merupakan tokoh penting sekaligus pendiri raksasa Honda Motor Company. Dia pun dikenal sebagai salah satu legenda industri otomotif global.

Bisnis.com, JAKARTA – Tepat 29 tahun lalu, seorang legenda industri otomotif global asal Jepang Soichiro Honda menghembuskan nafas terakhirnya.

Sang pendiri Honda Motor Co. Ltd tersebut meninggal di usianya yang menginjak 84 tahun karena menderita sakit liver. The New York Times dalam artikelnya pada 6 Agustus 1991 menyebutkan, Honda tampak masih sangat sehat sebelum akhirnya harus masuk ke rumah sakit dan tak lama kemudian meninggal dunia.

Soichiro Honda merupakan salah satu ikon industri Jepang setelah Perang Dunia II. Dia berhasil menjadi simbol kebangkitan industri Jepang yang luar biasa setelah perang.

Jurang kemiskinan yang menggelayuti keluarganya dan kegagalannya di bangku sekolah tak memupuskan harapannya untuk terus berkembang.

Dilahirkan di Hamamatsu, Sizhuoka Jepang pada 1906, Honda memilih untuk merantau ke Tokyo pada 1922. Adapun, ayahnya yakni Gihei, adalah seorang montir yang mempunyai bengkel sepeda.

Bakat itu pun menurun ke Honda yang akhirnya digunakannya untuk bekal saat merantau. Pada saat merantau dia menghabiskan waktunya usai bekerja untuk mempelajari tentang permesinan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top