Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi, dan Probosutedjo dalam pernikahan Hutomo Mandala Putra atau lebih dikenal dengan Tommy Soeharto pada April 1997. Memoar Romantika Probosutedjo: Saya dan Mas Harto
Premium

Historia Bisnis: Ketika Anak-Anak Pak Harto Bersaing Bikin Mobil

30 Mei 2020 | 20:08 WIB
Pengujung Mei 1998, bersamaan dengan momen reformasi, Bambang menyerah dari Bimantara. Memimpin sejak perusahaan berdiri pada 1981, Bambang mundur dari posisi Dirut hanya sembilan hari setelah bapaknya tanggal sebagai presiden.

Bisnis.com, JAKARTA — Bambang Trihatmodjo senang betul. Usai RUPS Grup Bimantara di Jakarta 30 Mei 1996, tepat hari ini 24 tahun lalu, dengan bangga dia mengumumkan kerja sama PT Citra Mobil Nasional dengan Hyundai untuk merakit mobil lokal telah disetujui pemerintah.

Citra Mobil Nasional merupakan anak perusahaan PT Bimantara Citra, yang kala itu dipimpin Bambang selaku Direktur Utama.

“Kami telah menerima persetujuan dari Depperindag untuk mengeluarkan mobil bermerek Bimantara. Mudah-mudahan pemerintah juga membebaskan bea masuknya, sehingga harga jual mobil kami juga lebih murah,” ujar putra ketiga Presiden Soeharto itu, seperti ditulis Harian Bisnis Indonesia dalam artikel utama berjudul Bambang: Merk Mobil Bimantara Sudah Disetujui pada edisi 31 Mei 1996.

Bambang bukannya minim pengalaman. Seperti dicatat George Junus Aditjondro dalam Korupsi Kepresidenan (2006: hal.258), dirinya tahu betul seluk beluk bisnis mobil lantaran pada 1984 perusahaan Bambang yang lain, PT Citra Auto Nusantara, sempat bekerja sama dengan Ford. Sejak 1987, Citra Auto Nusantara menjadi perusahaan perakit mobil-mobil Ford di Indonesia.

Kabar tersebut bikin Bambang kembali punya muka untuk berhadapan dengan adiknya, Hutomo Mundala Putra alias Tommy Soeharto.

Tommy, yang juga punya ambisi merakit mobil nasional lewat PT Timor Putra Nasional, sebelumnya telah dipilih pemerintah sebagai pengembang proyek Mobil Nasional (Mobnas) pertama Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top