Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi - Reuters/Rebecca Cook.
Premium

Historia Bisnis: Kredit Likuiditas Bank Indonesia juga Mengalir ke Proyek Mobnas

19 April 2020 | 18:17 WIB
Tiga bank badan usaha milik negara (BUMN) membiayai mimpi besar Indonesia untuk memiliki mobil nasional. Ditopang kredit likuditas Bank Indonesia (BI).

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga bank badan usaha milik negara (BUMN) yang ditopang Kredit Likuiditas Bank Indonesia membiayai proyek mobil nasional senilai US$1,2 miliar.  

Kredit ini untuk membiayai mimpi Indonesia memiliki mobil nasional seketika. Cita-cita yang digaungkan sebagai tanda bergulirnya era tinggal landas sedikit lagi menjadi kenyataan. Adalah tiga bank BUMN di masa orde yang siap mewujudkan mimpi itu.

Tiga-tiga Bank BUMN yang disebut-sebut menjadi motor kelahiran mobil nasional pertama di Indonesia itu adalah BDN, Bank Exim, dan BRI. Koran Bisnis Indonesia edisi 29 April 1997 pernah mengangkat laporan mengenai pendanaan yang disiapkan konsorsium Bank BUMN itu.

Saat itu konsorsium yang dimotori BDN itu disebut-sebut menyiapkan dana US$1,2 miliar untuk mendukung pembiayaan PT Timor Putra Nasional (TPN) yang tengah mengembangkan mobil nasional.

Dalam laporan berjudul “Bank BUMN Siap Danai Mobnas US$1,2 miliar,” tersebut terungkap bahwa ketiga bank BUMN berpeluang mendapatkan porsi cukup besar dari total dana yang ada. Sebagian di antaranya diperoleh dari fasilitas Kredit Likuiditas Bank Indonesia (KLBI).

“Ini disebabkan fasilitas kredit yang diperoleh PT Tumor di tiga bank itu belum melampuai batas maksimum pelampauan kredit (BMPK) untuk grup TPN, sementara Bank Bumi Daya (BBD) tampaknya tidak ikut ambil bagian karena telah melewati BMPK,” ujar sumber keuangan yang enggan disebutkan namanya kepada Bisnis.  

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top