Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Segmen mobil premium di Indonesia menunjukkan kompetisi yang ketat selama beberapa tahun belakangan. - Bisnis/Husin Parapat
Premium

Menanti 'Perang Bintang' Mobil Segmen Premium

18 Juli 2019 | 07:53 WIB
Pasar mobil merek premium di Tanah Air sulit melepas cengkeraman Mercedes-Benz dan BMW yang senantiasa meramaikan pasar dengan produk anyar. Bagaimana merek lain menyaingi supremasi dua merek Jerman tersebut di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019?

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada 2015, volume penjualan merek premium yang tercatat dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai 8.357 unit dari 11 merek. Setahun kemudian, volume itu hanya naik tipis menjadi 8.381 unit.

Hal ini menunjukkan bahwa meski kondisi perekonomian, terutama yang meliputi daya beli masyarakat dinilai melemah, minat pasar terhadap merek premium tidak goyah.

Pada saat yang bersamaan, merek premium Toyota Group yaitu Lexus mulai merangsek. Lexus, yang pada periode sebelum-sebelumnya hanya mencuil pasar sekitar ratusan unit setiap tahun, mulai memperlihatkan tajinya pada 2016 setelah angka penjualannya melejit hingga 1.040 unit.

Capaian tersebut bertahan hingga kini. Dengan ujung tombak seperti LX 570 dan varian Rx, Lexus tetap menggenggam 1.200 unit penjualan setiap tahunnya.

Logo Toyota./Reuters-Yuya Shino

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top