Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan mencoba mobil listrik sebelum pelepasan roadshow PLN BLITS Explore Indonesia di Jakarta, Jumat (9/11/2018). PLN BLITS Explore Indonesia merupakan touring mobil listrik karya anak bangsa hasil kolaborasi Budi Luhur dan ITS (BLITS). - JIBI/Abdullah Azzam
Premium

KENDARAAN LISTRIK : Melihat Konsistensi Pemerintah di Balik Draf Aturan yang Terus Berubah

03 Mei 2019 | 07:37 WIB
Beleid tentang kendaraan listrik tak kunjung rampung. Dari versi semula, kini draf beleid mutakhir, mengalami revisi signifikan.

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini, pemerintah tengah menggodok banyak aturan terkait kendaraan bermotor ramah lingkungan.

Satu di antaranya merupakan usulan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terkait penyesuaian Pajak Penjualan Barang Mewah atau PPnBM.

Sementara itu, satu bundel kebijakan lainnya yaitu rancangan Peraturan Presiden (Perpres) yang akan mengatur kendaraan listrik. Namun, berdasarkan draf paling mutakhir, terjadi revisi besar-besaran dalam beleid ini.

Dalam berbagai perubahan draf yang tercantum dalam versi September 2018, November 2018, hingga versi terakhir pada Maret 2019, ada beberapa poin kebijakan yang dilucuti. Beleid yang awalnya dirancang untuk mengatur kendaraan bermotor listrik secara umum ini, dalam draf terakhir ternyata hanya menyoal kendaraan listrik berbasis tenaga baterai.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan) melihat mobil listrik saat mengunjungi stand BMW di arena GIIAS 2017, di Tangerang, Banten, Kamis (10/8)./ANTARA-Muhammad Iqbal

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top