Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produsen Siap Produksi Sepeda Motor Listrik Dalam 3 Tahun

Namun, produsen sepeda motor juga harus mempertimbangkan teknologi dan fitur yang saat ini sudah tersedia pada sepeda motor bermesin bensin.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 25 Oktober 2016  |  20:27 WIB
Sepeda motor - Bisnis.com
Sepeda motor - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— Industri sepeda motor nasional mampu memproduksi sepeda motor listrik dalam 2—3 tahun ke depan.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata mengklaim semua produsen sepeda motor di Indonesia mempunyai kapasitas dan teknologi untuk menghasilkan produk sepeda motor listrik.

Produsen sepeda motor nasional bahkan mampu memproduksi sepeda motor listrik dalam jangka waktu 2—3 tahun ke depan. Namun, kemampuan dan penguasaan teknologi bukan satu-satunya pertimbangan industri memproduksi sepeda motor listirk.

“Kami saat ini hanya memproduksi yang biasa [bermotor cetus api], pengembangannya juga masih berjalan. Listrik juga tetap dipersiapkan. Kami tinggal mengadopsi saja,” katanya usai bertemu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Selasa (25/10/2016).

Dia menjelaskan produsen sepeda motor juga harus mempertimbangkan teknologi dan fitur yang saat ini sudah tersedia pada sepeda motor bermesin bensin.

“Sambil standar dipersiapkan, pengembangan terus berjalan. Kami sudah pernah memproduksi sepeda motor pakai bahan bakar fosil tentu tahu unggulnya di mana. Keunggulan itu jangan sampai di sepeda motor listrik tidak ada,” kata Gunadi.

Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian, Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan mengatakan pengembangan sepeda motor listrik adalah salah satu topik diskusi utama antara Menperin dengan pengurus AISI.

Dia memaparkan Menperin mendorong produsen sepeda motor agar serius mengembangkan sepeda motor listrik untuk mengurangi konsumsi BBM dan polusi kendaraan bermotor sambil meningkatkan penguasaan teknologi industri dalam negeri.

“Produsen juga menyampaikan beberapa angka soal perkembangan produksi. Angkanya masih cukup bagus sampai saat ini,” kata Arus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

motor sepeda motor
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top