Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Mobil BYD di China Dituduh Picu Ratusan Anak Mimisan

BYD mengatakan emisi dari pabrik tersebut sudah mematuhi peraturan. BYD pun mengakui emisi tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap di namun pihaknya telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi hal tersebut.
BYD e6. /BYD
BYD e6. /BYD

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil China BYD yang didukung oleh Warren Buffett, mendapat kecaman karena polusi yang diduga berasal dari salah satu pabriknya yang menyebabkan mimisan pada ratusan anak.

Dilansir dari Bloomberg, pejabat di Changsha, ibu kota provinsi Hunan, China tengah, mengirim tim ke pabrik BYD untuk menyelidiki emisi gas setelah menerima keluhan dari penduduk setempat.

Hal ini diungkapkan oleh  pemerintah setempat dalam sebuah pernyataan di akun resmi Weibo, Minggu (8 Mei 2022).

Di tim tersebut terdapat lembaga pengujian pihak ketiga dan ahli yang akan mencoba untuk sampai ke dasar masalah yang di protes orangtua di Changsha. 

Menurut satu laporan, lebih dari 600 anak yang tinggal di dekat pabrik produksi di distrik kota Yuhua telah mengalami mimisan berulang sejak April.

Adapun, BYD mengatakan emisi dari pabrik tersebut sudah mematuhi peraturan. BYD pun mengakui emisi tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap di namun pihaknya telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi bau tersebut. 

BYD juga mengatakan bahwa mereka telah mengajukan laporan polisi yang menuduh keluhan tentang mimisan tidak berdasar dan jahat.

Dikutip dari South China Morning Post, pabrik milik BYD ini sebelumnya sudah dimasukkan dalam daftar pengawasan untuk pencemar senyawa organik volatil ( volatile organic compound ) oleh pemerintah Changsha tahun lalu, dan diperintahkan untuk mengurangi emisi menggunakan teknik pelapisan baru pada Oktober 2022.

Paparan VOC terkonsentrasi di udara dapat menyebabkan penyakit, termasuk iritasi pada hidung dan tenggorokan, alergi kulit, dan kerusakan hati dan sistem saraf pusat.

Karena hal ini pun saham  perusahaan yang diperdagangkan di China turun pada hari Senin, jatuh sebanyak 4,6 persen, penurunan intraday terbesar mereka dalam hampir dua minggu. Pasar di Hong Kong, di mana BYD juga terdaftar, ditutup untuk hari libur umum.

Sebagai informasi, BYD merupakan salah satu perusahaan mobil China yang paling sukses dalam hal penjualan, memproduksi baik mobil gas konvensional maupun kendaraan listrik. BYD  juga membuat baterai untuk kendaraan listrik. Sedangkan di Indonesia, BYD sudah digunakan oleh Taksi BlueBird sebagai angkutan listrik dan baru - baru ini BYD menjalain kerjasama dengan TransJakarta untuk menggunakan bus listrik milik BYD sebagai armada TransJakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper