Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volkswagen Investasi Rp152 Triliun di Spanyol, Incar Produksi Mobil Listrik Murah?

Volkswagen AG akan menginvestasikan 10 miliar euro atau Rp152 triliun untuk membuat kendaraan listrik dan baterai di Spanyol. investasi ini 3 miliar euro lebih banyak dari yang telah dijanjikan sebelumnya.
Volkswagen./Antara-Reuters
Volkswagen./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen mobil Jerman, Volkswagen AG akan menginvestasikan 10 miliar euro atau Rp152 triliun untuk membuat kendaraan listrik dan baterai di Spanyol.

Dilansir dari Hindustan Times Auto, Chief Executive Volkswagen Herbert Diess mengatakan investasi ini 3 miliar euro lebih banyak dari yang telah dijanjikan sebelumnya.

Volkswagen juga mengumumkan kesepakatan kemitraan dengan utilitas listrik terbesar Spanyol Iberdrola, yang akan mendirikan taman surya untuk sebagian daya pabrik baterai yang akan dibangun di kota Sagunto dekat Valencia.

Volkswagen mengatakan pada Maret akan menginvestasikan 7 miliar euro untuk membangun pabrik baterai dan memproduksi kendaraan listrik di dua pabrik mobilnya di Spanyol.

Diess juga menambahkan pihaknya telah menaikan investasi menjadi 10 miliar euro bersama dengan mitra baru.

"Kami akan menggemparkan produsen mobil terbesar kedua di Eropa (Spanyol) dengan pabrik baterai giga baru dan produksi mobil listrik di dua pabrik," kata Diess.

Adapun Diess mengatakan ini sembari kunjungan ke lokasi di mana pabrik akan dibangun bersama dengan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.

Produsen mobil asal Jerman ini  bertujuan untuk mulai membangun pabrik 40 gigawatt-hour (GWh) pada kuartal pertama tahun 2023, dengan produksi serial akan dimulai pada 2026.

Meski demikian, tidak dijelaskan segmen mobil listrik yang disasar oleh Volkswagen. Saat memproduksi kendaraan konvensional, Volkswagen bermain di segmen medium hingga premium. Pada 2021 lalu dua merek premium mereka menjadi penopang yakni Porsche dan Audi. 

Baru - baru ini anak usaha Grup Volkswagen di bidang pengembangan perangkat lunak otomotif, CARIAD resmi menggandeng Qualcomm Technologies, Inc. dalam pengembangan mobil otonom.  

CARIAD akan menggunakan platform perangkat keras bertajuk Snapdragon Ride™ dari perusahaan berkode emiten QCOM itu, yang notabene telah lama malang-melintang dan kerap tampil mencolok di halaman spesifikasi berbagai smartphone dan perangkat telekomunikasi.  

CEO CARIAD Dirk Hilgenberg mengungkap Qualcomm dipilih sebagai mitra pemasok system-on-chips (SoCs) dengan mempertimbangkan pengalamannya sebagai spesialis di industri semikonduktor berperforma tinggi. 

Selain itu, perangkat besutan Qualcomm dinilai cocok dan telah sesuai dengan karakteristik sistem besutannya dalam rangka membangun teknologi asisten berkendara dan kemudi otomatis produk-produk Volkswagen masa depan, yang bahkan akan ditarget sampai ke Level 4, alias telah masuk teknologi high-driving automation. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper