Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Ban Hankook Tumbuh 10,7 Persen pada 2021

Hankook Tire mencatatkan penjualan ban tumbuh 10,7 persen pada 2021.
Tapak ban model rib, lug, dan rib-lug. /Hankook
Tapak ban model rib, lug, dan rib-lug. /Hankook

Bisnis.com, JAKARTA - Hankook Tire, produsen ban asal Korea Selatan, mengumumkan pertumbuhan penjualan konsolidasi global sepanjang tahun lalu sebesar 10,7 persen menjadi 7,14 triliun won atau sekitar Rp85,78 triliun. Adapun, laba operasional tercatat 641 miliar won, atau tumbuh 2,2 persen.

Capaian tersebut terealisasi di tengah perlambatan ekonomi global pada paruh kedua 2021 dengan tantangan kolektif seperti disrupsi rantai pasok, kekurangan semikonduktor, dan meningkatnya biaya bahan baku.

Penjualan produk ban high-inch, yakni ban berukuran 18 inci atau lebih, menjadi salah satu penopang kinerja pada tahun lalu.

"Penjualan ban high-inch meningkat 3,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya, menyumbang 37,7 persen dari total penjualan ban mobil penumpang," demikian tertulis dalam pernyataan resmi perseroan, Selasa (22/2/2022).

Pada 2022, Hankook menargetkan pertumbuhan dua digit dan meningkatkan porsi penjualan ban high-inch menjadi 42 persen dari total penjualan ban mobil penumpang.

Hankook akan memperkuat fokusnya untuk memperkuat bisnisnya di pasar utama, memperluas kemitraan dengan produsen mobil premium global, dan menjadi pemimpin di sektor ban kendaraan listrik.

Meski penjualan secara tahunan tumbuh, kinerja pada kuartal keempat tak luput dari dampak kontraksi akibat berbagai faktor. pada kuartal terakhir 2021, perusahaan mengalami penurunan pendapatan penjualan 61,3 persen secara YoY dan 51,3 persen secara quarter-to-quarter.

Namun, penjualan ban high-inch kembali menjadi pendongkrak pertumbuhan. Penjualan ban high-inch naik 1,5 persen dan mencapai 38,9 persen dari total penjualan ban mobil penumpang pada kuartal keempat.

Secara khusus, penjualan ban high-inch di China sebesar 46,4 persen, meningkat 6,7 persen secara YoY. Pasar lain juga melihat kinerja yang kuat pada ban high-inch dengan peningkatan 2 persen di Eropa dan 2,9 persen di Korea.

Di sektor Original Equipment (OE) yang premium dan sektor ban kendaraan listrik (EV) pada 2021, Hankook telah memasok ban untuk sejumlah kendaraan sport seperti Porsche Panamera, BMW X3M dan X4M, serta tak luput ban kendaraan listriknya pada BMW e-Tron GT dan Volkswagen ID.4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper