Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil EV dkk. Jeblok, Hyundai Pimpin EV dan Nissan Genggam HEV

Program mobil elektrik tengah digadang-gadang pemerintah, namun berdasarkan data penjualan Gaikindo justru penjualan mobil tersebut masih stagnan pada Januari tahun ini.
Mobil listrik Niisan Leaf masih berstatus impor utuh atau CBU. /Bisnis-Muhammad Khadafi
Mobil listrik Niisan Leaf masih berstatus impor utuh atau CBU. /Bisnis-Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA-  Penjualan mobil elektrik pada periode Januari 2022 mencapai 131 unit, merosot 52,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar 276 unit.

Mobil elektrik berteknologi hibrida (Hybrid Electric Vehicles/HEV) mencapai 95 unit pada periode awal tahun ini. Padahal, periode sama tahun lalu penjualan HEV mencapai 230 unit. Walau begitu, HEV masih menjadi mobil elektrik paling laku hingga saat ini.

Sementara itu, mobil berbasis elektrik murni (Electric Vehcile/EV) hanya mengoleksi penjualan sebanyak 36 unit, berbeda dengan capaian periode Januari 2021 yang mencapai 46 unit. Sayangnya, koleksi penjualan mobil berbasis elektrik itu tidak diikuti segmen PHEV (Plug in Hybrid Vehicle/PHEV) yang hanya dihuni Outlander PHEV keluaran Mitsubishi.

Data wholesales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) itupun semakin mengecilkan porsi mobil elektrik di tengah terkereknya penjualan secara keseluruhan pada Januari tahun ini. Dengan volume penjualan tersebut, mobil elektrik hanya menyempil 0,16 persen dari total penjualan.

Dari deretan EV, Hyundai Ioniq masih mencatatkan penjualan sebesar 17 unit pada Januari tahun ini. Sedangkan Kona EV yang juga dipabrikasi Hyundai merengkuh penjualan sebanyak 18 unit, cenderung stabil dibandingkan tahun lalu.

Tambahan lainnya untuk segmen EV datang dari Nissan Leaf. Produk tersebut laku terjual satu unit, sedangkan produk DFSK seperti Gelora EC35 masih belum terjual sepanjang awal tahun ini.

Sedangkan untuk mobil HEV, Nissan Kicks E Power dan Toyota Corolla Cross Hybrid masih menjadi penyumbang penjualan terbesar, masing-masing sebanyak 47 dan 24 unit.

Di lain sisi, berdasarkan data wholesales Gaikindo sepanjang tahun lalu penjualan mobil elektrik itu mencapai 3.139 unit. Pangsa pasar mobil elektrik mencapai 0,3 persen.

Deretan mobil EV yang mengoleksi penjualan pada tahun lalu selain produk Hyundai ada pula Lexus UX 300e. Selain produk Toyota, segmen HEV juga disumbangkan oleh BMW i3s dan Lexus ES 300 h.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper