Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Semikonduktor, Ini Strategi Honda Propsect di Pasar Domestik

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan pihaknya akan memprioritaskan mobil - mobil dengan peminat tinggi dari konsumen untuk mengantisipasi kekurangan chip semikonduktor.
Honda Brio RS. /HONDA
Honda Brio RS. /HONDA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan pihaknya akan memprioritaskan mobil - mobil dengan peminat tinggi dari konsumen untuk mengantisipasi kekurangan chip semikonduktor.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan saat ini kelangkaan chip semikonduktor masih berdampak terhadap produksi Honda, meskipun pihaknya  mulai dapat meningkatkan produksi secara bertahap. 

"Karena itu, kami melakukan antisipasi dengan memprioritaskan produksi untuk mobil-mobil yang permintaannya tinggi dari konsumen, seperti Honda Brio dan All New BR-V," ujar Billy kepada Bisnis pada Senin (21/2/2022).

Adapun berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil wholesales dan produksi mobil untuk Januari 2022 tidak ada nama Honda Mobilio. 

Billy sebelumnya pernah mengatakan dikarenakan banyak komponen yang sama antara Honda Brio dan Mobilio, Honda Brio lebih diprioritaskan dalam produksi. Dia mengungkapkan Honda akan memulai produksi Honda Mobilio pada bulan depan atau Maret.

"Untuk Honda Mobilio, rencananya Kami akan memulai Produksinya di bulan depan," tegas Billy.

 

Honda mobilio juga bukan pertama kali disingkirkan dalam produksi Honda sebelumnya Honda sudah memangkas produksi Honda Mobilio dan mementingkan Honda Brio. Hal ini pun beralasan jika dilihat dari penjualan Honda pada awal Januari ini. 

HPM mencatatkan penjualan ritel sebesar 7.727 unit sepanjang Januari 2022. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel Honda pada Januari 2021 7.068 unit, atau tumbuh 9 persen year-on-year (yoy) pada tahun ini.

 

Penjualan utama Honda pun dikontribusikan oleh Honda Brio dengan penjualan  3.993 unit, diikuti dengan Honda Brio Satya sebesar 3.020 unit, dan Honda Brio RS sebesar 973.

 

Sementara itu, All New Honda BR-V yang baru memulai pengiriman kepada konsumen pada awal Januari mencatat menyumbangkan penjualan sebanyak 1.504 unit.

 

 Kontribusi penjualan untuk Honda lainnya datang dari Honda HR-V 1.5L sebanyak 895 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 27 unit, Honda CR-V sebanyak 597 unit, Honda City Hatchback sebanyak 446 unit, Honda Mobilio sebanyak 180 unit, Honda Civic Sedan sebanyak 54 unit, Honda Odyssey sebanyak 21 unit, Honda City sebanyak 9 unit ,dan Honda Accord sebanyak 1 unit.

 

 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper