Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Depan, Bakrie Brothers (BNBR) Kirim 30 Unit Bus Listrik

Bus listrik BYD ini akan dirakit di pabrik karoseri PT Tri Sakti yang berada di Magelang. Anak usaha Bakrie Grup yakni Vektor Mobiliti dan Bakrie Otoparts ikut mendukung perakitan tersebut.
Bus Listrik Baterai BYD. -BYD
Bus Listrik Baterai BYD. -BYD

Bisnis.com, JAKARTA- Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) yakni Vektor Mobiliti Indonesia secara resmi menggandeng perusahaan karoseri Tri Sakti yang berlokasi di Magelang untuk merakit bus listrik BYD.

Produk BYD yang berasal dari China ini disiapkan untuk memasok kebutuhan transportasi publik. Seperti diungkapkan Presdir BNBR Anindya Novyan Bakrie, saat ini merupakan momentum bagi Bakrie Grup untuk kembali serius menggarap sektor otomotif.

Sejak lama, katanya, Bakrie Grup memiliki lini bisnis industri otomotif melalui Bakrie Otoparts yang juga terlibat dalam kerja sama perakitan bus BYD. Kerja sama ini, ungkap Anindya, telah dijajaki sejak lama.

Terhitung sejak 2018, Bakrie Grup melakukan kerja sama dan ujicoba unit bus listrik BYD. “Jadi tidak ujug-ujug, kami telah melakukan uji coba bus, dan lolos. Pekan depan, kami sudah kirimkan sekitar 30 unit bus listrik untuk Transjakarta,” katanya, Kamis (17/2/2022).

Bus listrik BYD menurut Anindya, memiliki teknologi yang efisien sehingga menjanjikan hemat energi sesuai tren ramah lingkungan saat ini. “Ada sistem di mana bus listrik ini bisa mengisi daya sendiri jika di jalan menurun, itu kami tes dari Denpasar ke Bedugul dan sebaliknya, dari Bedugul baterai yang tersisa 30%, ternyata bertambah,” jelasnya.

Di lain sisi, tes uji coba telah dilakukan di beberapa kota seperti Jakarta, Aceh, dan Bogor. Selain itu, bus listrik itupun telah menjalani sesi dikendarai tanpa henti selama 10 jam dari Jakarta menuju Magelang.

Untuk fokus menggarap pasar bus listrik ini, Bakrie Grup menugaskan anak usahanya Bakrie Otoparts dan Vektor Mobiliti Indonesia atau VKTR. VKTR sendiri disebut sebagai anak usaha yang dibentuk untuk fokus dalam mengembangkan produk elektrifikasi.

Saat ini, VKTR dipimpin Gilarsi W Setijono. Sosok tersebut merupakan eks Direktur Utama PT Pos Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper