Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Ritel Daihatsu Tahun 2021 Naik 51,1 Persen

Satu faktor utama pertumbuhan signifikan mobil Daihatsu sepanjang 2021 adalah diskon PPnBM.
Daihatsu Terios. /ADM
Daihatsu Terios. /ADM

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat pertumbuhan penjualan retail sepanjang 2021 sebanyak 151.107 unit atau naik 51,1 persen dibandingkan dengan 2020.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan 2021 merupakan tahun ke-13 Daihatsu mempertahankan posisi kedua sebagai merek mobil terlaris di Indonesia. 

“Dalam hal market share, penjualan ritel Daihatsu juga mengalami kenaikan menjadi 17,5 persen, atau naik sebesar 0,2 persen dibandingkan tahun 2020 lalu sebesar 17,3 persen," ujar Hendrayadi dalam acara diskusi online pada Kamis (13/1/2021)

Hendrayadi juga mengatakan salah satu faktor utama kenaikan signifikan penjualan tahun lalu adalah berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui diskon PPnBM yang berlangsung sejak Maret–Desember 2021. 

Selain itu, sepanjang tahun 2021 terdapat kemunculan puluhan produk baru yang mewarnai industri otomotif tanah air, khususnya Daihatsu dengan kehadiran Rocky pada April, Terios Eco Idle (September), dan All New Xenia (November).

Adapun sepanjang 2021, ada 10 model teratas mobil berpenumpang paling laris, yang 50 persen di antara model tersebut merupakan hasil produksi ADM (PT Astra Daihatsu Motor), seperti pada Avanza, Rush, dan Calya untuk brand Toyota, serta Sigra, dan Ayla untuk merek Daihatsu. 

Ada pun selama 2021, model Daihatsu yang paling menjadi favorit pelanggan adalah Gran Max Pick Up sekitar 39.000 unit, dan Sigra sekitar 38.000 unit, disusul Ayla sekitar 21.000 unit, Terios sekitar 19.000 unit, dan Gran max 12.000 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper