Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meluncur Pekan Ini, Intip Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8L dan Land Cruiser 300

Berdasarkan undangan yang diterima Bisnis, PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan Fortuner anyar dan Land Cruiser 300 pada Kamis, 13 Januari 2021
Toyota Fortuner. /Auto2000
Toyota Fortuner. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan akan meluncurkan dua mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia. Dua mobil ini merupakan varian terbaru dari Land Cruiser dan Fortuner.

“Melalui surat ini, PT Toyota Astra Motor mengundang rekan media menyaksikan acara All New Land Cruiser dan New Fortuner digital launching yang akan dilaksanakan, Kamis 13 Januari 2022,” tulis undangan PT TAM kepada Bisnis.

Bisnis pun memperkirakan varian terbaru dari Fortuner akan menggunakan mesin 2.800cc diesel. Adapun sebelum mengundang media, PT TAM sudah mendaftarkan All New Land Cruiser 300 di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Land Cruiser 300

Land Cruiser yang didatangkan ke Indonesia merupakan generasi terbaru dengan nama Land Cruiser 300, Land Cruiser 300 pun memakai platform baru, GA-F, dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini memangkas bobot hingga 200 kg.

Di Jepang, mobil ini dibekali dua pilihan mesin, yakni bensin V6 3.500 cc V35A-FTS dan diesel V6 3.300 F33A-FTV. Keduanya dibekali satu opsi transmisi Direct Shift-10 AT. Di mana secara volume lebih kecil dibandingkan versi lawas dengan konfigurasi delapan silinder atau V8. Hal itu dilakukan demi menekan emisi gas buang.

Varian bensin terdiri dari varian terbawah GX yang cuma muat lima penumpang dan AX, VX, ZX, serta GR Sport dengan kapasitas tujuh penumpang.

Sedangkan semua varian diesel terdiri dari ZX dan GR Sport yang keduanya cuma punya lima tempat duduk. Sementara platformnya akan menggunakan platform GA-F dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

Sebagai pengganti Land Cruiser 200, bagian suspensi juga telah disempurnakan, termasuk penggunaan E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan electronic differential lock khusus varian GR Sport.

Fitur pendukung lain yakni hydraulic power steering dengan steering actuator, electronic control brake, dan rear torsen limited slip differential.

Land Cruiser juga sekarang disematkan Toyota Safety Sense yang terdiri dari pre-collision system, parking support brake, plus support, camera wash, blind spot monitor, dan ITS Connect.

Adapun berdasarkan data di Kemendagri SUV paling mahal dari Toyota ini mempunyai kode baru yaitu FJA300R. Dalam data tersebut untuk Land Cruiser 300 tipe VX 4x4 harganya Rp1.663.000.000  tipe ZX 4x4 Rp1.920.000.000, dan GR-S 4x4 sebagai varian tertinggi nilainya mencapai Rp2.280.000.000 miliar

Fortuner 2.8

Seperti yang Bisnis perkirakan varian terbaru Fortuner akan bermesin 2.800cc dengan varian Legender, seperti yang sudah dirilis di negara lain di Asia Tenggara.

Adapun varian Fortuner di Indonesia sebelumnya hanya memakai mesin 2.500cc, di mana Bisnis memperkirakan akan digunakan pada varian tertingginya yaitu G 4x4 dan GR Sport, sedangkan sisanya tetap menggunakan mesin lama.

Mesin 2.800 ini kabarnya akan mengadopsi turbo diesel intercooler berkode 1GD-FTV dengan spesifikasi 4-silinder segaris berkubikasi 2.755 cc dengan pilihan transmisi otomatis. Berdasarkan informasi yang ada,  , mesin ini dapat melepas tenaga 201,2 hp pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm pada rentang 1.600 hingga 2.800 rpm.

Adapun untuk harga belum ada bocoran, namun Toyota Fortuner di Indonesia dihargai mulai dari Rp521.600.000 hingga Rp586.900.0000.

Sebagai informasi, sebelumnya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia sudah memproduksi  varian 'Legender' sejak 2021. Namun penjualan unit itu hanya dilakukan untuk ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper