Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

November 2021, Penjualan Honda Perlahan Pulih dari Krisis Semikonduktor

Per November 2021, Honda Brio masih menjadi tulang punggung PT Honda Prospect Motor dengan kontribusi 37 persen atau 2.573 unit. Bila dirinci, LCGC Brio Satya mendominasi dengan penjualan 1.982 unit, sedangkan varian RS 591 unit. 
Honda CR-V Black Edition. /HPM
Honda CR-V Black Edition. /HPM

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah masalah krisis cip semikonduktor, penjualan retail PT Honda Prospect Motor (HPM) perlahan membaik. Pada November 2021, pengiriman mobil dari dealer ke konsumen naik 14,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya, atau menjadi 7.005 unit. 

Honda Brio masih menjadi tulang punggung perusahaan dengan kontribusi 37 persen atau 2.573 unit. Bila dirinci, LCGC Brio Satya mendominasi dengan penjualan 1.982 unit, sedangkan varian RS 591 unit. 

Model terlaris kedua Honda adalah City Hatchback RS dengan volume 1.206 unit. Diikuti kemudian oleh New Honda CR-V (1.148 unit) dan Honda HR-V 1.5L (1.045 unit).

Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy mengatakan bahwa pertumbuhan penjualan masih disokong oleh model-model yang mendapatkan diskon PPnBM. "Kami optimis bahwa tren penjualan yang positif ini akan terus bertahan. Kami percaya untuk tahun depan pemerintah juga akan mempertimbangkan kebijakan yang tepat untuk terus mendukung pertumbuhan industri,” katanya, mengutip keterangan resmi, Jumat (17/12/2021).

Adapun kontributor penjualan mobil Honda lainnya adalah Mobilio sebanyak 502 unit, Honda BR-V 423 unit, Honda Civic Hatchback  49 unit, HR-V 1.8L 23 unit, dan New Honda Odyssey 18 unit.

Sementara itu, sedan Honda membukukan penjualan kurang dari 10 unit. Honda City terjual sebanyak 9 unit, Honda Accord terjual 5 unit, Honda Civic 3 unit, dan Honda Civic Type R 1 unit.

Pada Januari 2022, HPM akan memulai pengiriman All New Honda BR-V yang diproyeksikan akan menjadi satu kontributor penjualan terbesar untuk Honda pada tahun depan.

Sejak diluncurkan pada bulan September lalu, Honda BR-V generasi teranyar telah mengantongi pemesanan sebanyak 2.500 unit. Honda juga telah mengumumkan harga resmi untuk All New Honda BR-V pada pada bulan November lalu, tetapi harga tersebut akan disesuaikan jika terjadi perubahan regulasi pajak di tahun depan.  

Adapun secara total, hingga November 2021, Honda tercatat telah mengumpulkan penjualan sebesar 81.485 unit atau 17 persen lebih tinggi jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper