Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Listrik Mewah Hyundai jadi Kendaraan VIP KTT G20

Meski saat ini hanya menguasai 0,3 persen pasar otomotif Indonesia, Hyundai mendapatkan tempat khusus dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan di Bali.
Genesis G80. /genesis.com
Genesis G80. /genesis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Meski saat ini hanya menguasai 0,3 persen pasar otomotif Indonesia, Hyundai mendapatkan tempat khusus dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan di Bali mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. 

KTT G20 2022 menjadi sangat penting bagi Indonesia, mengingat ini pertama kalinya negara ini memegang tongkat estafet presidensi, sejak forum ini dibentuk pada 1999. Dalam presidensi ini, Indonesia akan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” atau “Pulih Bersama, Bangkit Bersama”.

Adapun Hyundai Motor Group telah mengumumkan akan membawa Genesis G80 ke Indonesia sebagai kendaraan resmi VIP petinggi negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. 

Mobil Listrik Mewah Hyundai jadi Kendaraan VIP KTT G20

Genesis G80. /genesis.com

Genesis adalah divisi mobil mewah yang berada di bawah naungan Hyundai, mirip seperti Lexus dan Toyota. Merek ini berawal dari sebuah mobil sedan Hyundai bernama Genesis yang kemudian pada 2015 nama itu bertransformasi sebagai sub-merek tersendiri.

Sementara itu Genesis G80 merupakan sedan sport bertenaga listrik besutan Hyundai Motor Group yang diambil dari basis G80 bermesin konvensional. Pabrikan mendesain Genesis G80 dengan menggabungkan nuansa elegan sebuah sedan dan performa dengan sentuhan sport. 

Hyundai pertama kali menunjukkan gambar Genesis G80 Sport terbaru pada Juni 2021. “Spesifikasi detail akan dirilis ketika kendaraan diluncurkan pada kuartal ketiga 2021,” kata pejabat Genesis.

Genesis G80 dibekali dengan baterai berkapasitas 87,2 kWh yang menggerakan dua motor elektrik di roda depan dan belakang. Dengan bekal tersebut, G80 mampu menghasilkan tenaga maksimal 364 hp dan jarak tempuh mencapai 426 km.

Genesis G80 untuk KTT G20 Bali 2022 memiliki desain yang menarik perhatian dengan grille aerodinamis berbentuk pola G-Matrix terbalik khas Genesis. Pada sisi interior, Genesis menyajikan konsep Beauty of White Space dengan material ramah lingkungan di seluruh bagian interior sehingga memancarkan nilai berkelanjutan yang ingin direalisasikan oleh Genesis.

Mobil Listrik Mewah Hyundai jadi Kendaraan VIP KTT G20

Ruang kabin Genesis G80. /genesis.com

Melalui kegiatan KTT G20 di Bali, Genesis ingin membuktikan bahwa model yang dihadirkan di pasaran dapat memberikan standar baru untuk sebuah sedan listrik mewah dengan spesifikasi dan teknologi terkini.

“Penunjukkan ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat menghadirkan Electrified G80 di KTT G20 Bali 2022,” kata Jay Chang, Global Head of the Genesis Brand dalam siaran pers belum lama ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Pemerintah Indonesia akan menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai yang sudah berinvestasi di Indonesia sebagai kendaraan resmi untuk G20. 

"Pak Chairman, Presiden tadi sudah menyampaikan, Hyundai akan jadi official dalam G20 nanti, yang kebetulan saya juga ikut dalam pengelola G20 nanti," katanya dalam acara pameran bertajuk The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper