Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Terhambat Karena Kelangkaan Komponen, Honda Mulai Genjot Pengiriman Mobil

Kelangkaan pasokan komponen yang terjadi secara global ikut berdampak terhadap produksi Honda di Indonesia, terutama di sepanjang Agustus dan September 2021 yang pada akhirnya mengganggu pasokan mobil untuk konsumen.
Honda City Hatchback RS./Istimewa
Honda City Hatchback RS./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kelangkaan pasokan komponen yang terjadi secara global ikut berdampak terhadap produksi Honda di Indonesia, terutama di sepanjang Agustus dan September 2021 yang pada akhirnya mengganggu pasokan mobil untuk konsumen.

Meskipun demikian, saat ini Honda Indonesia telah dapat meningkatkan volume produksi secara bertahap dan terus berupaya untuk mempercepat pemenuhan permintaan konsumen.

Yusak Billy, Business Innovation, Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan bahwa gangguan pasokan komponen untuk produksi yang terjadi beberapa bulan terakhir berdampak terhadap produk-produk dengan volume produksi dan permintaan tinggi dari konsumen, seperti Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda CR-V.

Gangguan terhadap pasokan model-model tersebut juga berdampak terhadap penjualan retail Honda pada September 2021 lalu.

Secara total, Honda mencatat penjualan sebanyak 3.362 unit mobil secara retail sepanjang September 2021, dengan kontribusi penjualan terbesar berasal dari Honda City Hatchback RS yang terjual 1.053 unit.

Sementara itu, Honda Brio terjual sebanyak 1.027unit, yang terdiri dari Honda Brio Satya 811 unit, dan Honda Brio RS 216 unit.

Selanjutnya Honda HR-V 1.5 L yang terjual 690 unit, New Honda CR-V 175 unit, Honda Mobilio 127 unit, Honda BR-V 125 unit, HR-V 1.8 L 63 unit, New Honda Civic Hatchback RS 60 unit, dan New Honda Odyssey 22 unit.

Kemudian di segmen sedan, All New Honda Accord terjual sebanyak 12 unit, dan Honda Civic 6 unit. Honda City dan Honda Civic Type R masing-masing terjual sebanyak 1 unit.

Secara total, Honda telah membukukan penjualan sebanyak 68.376 unit sejak Januari hingga September 2021, naik 23 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dia pun mengapresiasi konsumen karena permintaan terhadap produk Honda yang tetap tinggi di saat terjadi gangguan pengiriman mobil akibat kelangkaan komponen untuk produksi.

“Kami akan berupaya untuk sesegera mungkin memenuhi permintaan konsumen Honda yang sudah melakukan pemesanan dalam 1–2 bulan ke depan,” katanya dalam siaran pers Honda Prospect Motor (HPM), Selasa (12/10/2021).

Untuk tetap mempertahankan permintaan konsumen, pada Oktober 2021 Honda kembali menawarkan program penjualan bertajuk Yuk, Beli Honda Aja!.

Pada program ini, para konsumen masih akan mendapatkan beragam keuntungan, mulai dari additional value hingga bebas biaya perawatan.

Konsumen bisa mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, New Honda CR-V, dan Honda City Hatchback RS.

Khusus bagi konsumen loyalist/education/medical worker yang melakukan pembelian New Honda Brio & Honda HR-V juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun).

Tidak hanya itu, Honda juga memberikan Promo Ceria khusus untuk pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V hingga Rp 4 juta.

Kemudahan juga diberikan kepada perusahaan atau karyawan yang menggunakan fasilitas Car Ownership Program (COP) dengan fleet sales package hingga Rp 15 juta untuk pembelian mobil Honda Civic Turbo dan Honda Accord.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper