Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif: Memanaskan Mobil Sebelum Dipakai, Pentingkah?

Memanaskan mesin mobil sebelum digunakan menjadi kebiasaan yang telah diturunkan sejak lama. Namun apakah hal tersebut masih relevan hingga saat ini?
Ilustrasi ./Istimewa
Ilustrasi ./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Memanaskan mesin mobil dipercaya menjadi tips bagi pengguna otomotif untuk menjaga umur aki dan mesin. Teknik ini telah lama diyakini oleh pengguna kendaraan bermotor roda empat.

Namun nyatanya teknik tersebut kini tidak lagi relevan. Pasalnya teknologi mobil generasi saat ini jauh berbeda dengan keluaran lama. 

Pereli Indonesia Rifat Sungkar mengatakan mobil zaman sekarang sudah berkemampuan menaikkan sirkulasi oli dalam waktu singkat. Pun telah dilengkapi dengan electronic control unit (ECU) dan teknologi oil pump yang lebih baik.

"Jika dahulu memanaskan mobil untuk memastikan sirkulasi oli. Mobil modern sudah mampu melakukannya dalam waktu singkat," ucap Rifat Sungkar, mengutip Antara, Jumat (10/9/2021).

Faktor lain yang membuat mobil kekinian tidak perlu dipanaskan adalah, mesin mobil saat ini sudah menggunakan oli yang encer, sehingga tidak butuh waktu lama untuk melumasi seluruh bagian dalam mesin.

"Untuk zaman sekarang, pelumas sudah encer. Sekarang sudah dibikin sempurna dan efisien, ramah lingkungan. Semuanya sekarang harus cepat. Sekarang tidak perlu untuk menunggu lama karena pelumas yang ada sudah menyesuaikan," katanya.

Namun tidak semua mobil tidak memerlukan perlakuan khusus. Kendati tidak perlu dipanaskan ternyata mobil dengan mesin turbo perlu melalui proses pendinginan sebelum mesin dimatikan.

Dia menjelaskan bahwa mesin turbo menghasilkan panas yang luar biasa saat digunakan. Dengan demikian berbeda dengan mobil pada umumnya, mesin tersebut membutuhkan waktu cooling down. 

"Kalau langsung dimatikan mesinnya bisa mempengaruhi usia komponen," kata Rifat Sungkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper