Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHM Merajai Pasar Motor Domestik, Penjualannya Capai 2,1 Juta Unit

Skuter matik berkontribusi 88,92 persen dari total penjualan Honda pada Januari–Juli 2021. Sementara itu, segmen motor sport menyumbang 5,08 persen, dan cub atau bebek 6,63 persen.
New Honda Vario eSP, salah satu skuter matik yang diluncurkan AHM./JIBI
New Honda Vario eSP, salah satu skuter matik yang diluncurkan AHM./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Total penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) sepanjang Januari sampai dengan Juli 2021 telah mencatatkan penjualan sebanyak 2,1 juta unit, dengan penguasaan pasar domestik sebesar 77,6 persen.

General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbudin mengatakan bahwa angka penjualan sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini naik 28,18 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

“Ini hasil kerja bersama. Tidak hanya dari sisi produsen sepeda motor, tetapi juga didukung dari lembaga pembiayaan dan jaringan sepeda motor kami yang bekerja habis-habisan,” ujarnya dalam lokakarya wartawan industri, Jumat (27/8/2021).

Muhibbudin menuturkan bahwa skuter matik berkontribusi 88,92 persen dari total penjualan Honda pada Januari–Juli 2021. Sementara itu, segmen motor sport menyumbang 5,08 persen, dan cub atau bebek 6,63 persen.

“Matik masih menjadi pilihan masyarakat, karena mudah dikendarai, lincah dan bisa dipakai ke mana-mana. Dominasinya hampir 90 persen penjualan Honda di Indonesia,” jelasnya.

Terkait pasar ekspor, AHM sepanjang tahun ini telah mengirimkan 203.582 unit sepeda motor. Dari jumlah tersebut, sepeda motor jenis matik juga memberi kontribusi terbesar sebanyak 94 persen, diikuti sport 5 persen, dan bebek 1 persen.

Dengan capaian tersebut, AHM menjadi pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dengan pangsa pasar 77,6 persen. Sebagai catatan, total penjualan kendaraan roda dua di Indonesia sepanjang tahun ini telah membukukan 2,8 juta unit.

Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), angka penjualan motor domestik pada Juli 2021 tercatat 376.640 unit, turun 12,11 persen dari bulan sebelumnya yang mencatatkan penjualan 428.556 unit.

Sementara itu, total ekspor sepeda motor nasional pada bulan lalu mencapai 66.105 unit, naik 13,66 persen. Dengan capaian tersebut, total ekspor kendaraan roda dua sepanjang Januari–Juli 2021 tercatat sebanyak 468.228 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper