Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Toyota Bikin Gazoo Racing Jadi Merek Sporty Baru di Indonesia

TAM berambisi mengenalkan banyak pilihan GR Sport di Indonesia. Sejauh ini ada 6 pilihan model yang merupakan varian tertinggi dari model yang ada, yaitu Agya, Veloz, Raize, Yaris, Rush, dan Fortuner. Selain itu ada model murni Gazoo Racing, yakni GR Yaris dan GR Supra. 
Toyota GR Yaris. /Toyota
Toyota GR Yaris. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor (TAM) punya alasan sendiri membuat sub-brand sporty baru, yakni Gazoo Racing (GR). Seperti diketahui sebelumnya tampilan sporty mobil Toyota di Indonesia adalah varian TRD (Toyota Racing Development). 

Vice President TAM Henry Tanoto menjelaskan bahwa tampilan sporty semakin diminati. Hal ini setidaknya terlihat dari pilihan konsumen Toyota Indonesia. 

"Dahulu itu, empat tahun lalu, kontribusi TRD 50 persen lebih [terhadap penjualan setiap model]. Sekarang itu lebih dari 75 persen," katanya.

Oleh karena itu TAM berambisi mengenalkan banyak pilihan GR Sport di Indonesia. Sejauh ini ada 6 pilihan model yang merupakan varian tertinggi dari model yang ada, yaitu Agya, Veloz, Raize, Yaris, Rush, dan Fortuner. Selain itu ada model murni GR Sport, yakni GR Yaris dan GR Supra. 

Penyematan GR Sport pada keenam model pertama yang disebutkan saat ini hanya sebatas memberikan penampilan sportif. Sementara itu, pada GR Yaris dan GR Supra tidak hanya sebatas tampilan, tapi juga memiliki performa tinggi. 

Sebagaimana diketahui GR Yaris adalah produk global yang diproduksi secara terbatas untuk memenuhi syarat homologasi ajang motorsport dunia World Rally Championship (WRC).

Dengan demikian GR Yaris adalah sebuah sports car yang dikembangkan bermodalkan metode reverse engineering, di mana ketrampilan dan performa dari arena balap diaplikasikan ke produk massal.

Sementara itu, Direktur Marketing TAM Anton Jimmy Suwandi mengatakan varian GR Sport adalah upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin membeli produk dealer yang berpenampilan sportif. 

Namun ke depan tidak menutup kemungkinan TAM akan menyediakan tambahan aksesoris untuk meningkatkan tampilan mobil yang sebelumnya model standar menjadi berpenampilan GR Sport. 

"Itu ke depan kita kembangkan bertahap," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper