Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Mogok di Jalan? Penyebabnya Bisa 5 Hal Ini

Mobil mogok di tengah jalan dapat mendatangkan kemacetan hingga kecelakaan. Mengelola penyebab mobil mogok dapat mengurangi kemungkinan terlibat masalah.
Mobil derek Dishub Kota Tangerang saat sedang melakukan derek terhadap sebuah kendaraan di jalan umum. /ANTARA
Mobil derek Dishub Kota Tangerang saat sedang melakukan derek terhadap sebuah kendaraan di jalan umum. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil mogok di tengah jalan menjadi salah satu hal paling ditakutkan saat berkendara. Sebab, berbeda jika mobil mogok saat awal dihidupkan, kasus mobil mati mendadak di tengah jalan dapat menimbulkan kecelakaan ataupun kemacetan panjang.

Berdasakan penjelsan dalam laman Auto2000, solusi tercepat dan teraman bila mesin mobil mati mendadak adalah menghubungi bengkel atau mekanik profesional untuk menanganinya. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mengenali faktor-faktor penyebab mesin mobil mati mendadak.

Berikut 5 faktor mobil berhenti mendadak di jalan raya:

1. Kehabisan Bensin

Seringkali mesin mobil mati mendadak lantaran kehabisan bensin. Walau indikator bensin di kabin menunjukan batas aman, tidak ada salahnya memastikan langsung dengan membuka tangki bensin dan mengeceknya.

Jika bensin kosong, berarti itu penyebab mesin mobil mati mendadak. Kemungkinan juga indikator bensin Anda bermasalah dan perlu diperbaiki. Masalah pada asupan bensin juga bisa menyebabkan mesin mati mendadak.

Pompa atau injektor yang rusak bisa menyebabkan bensin tidak mengalir baik ke mesin. Selain itu, selang-selang bahan bakar yang rusak juga bisa menimbulkan masalah serupa.

2. Alternator Bermasalah

Alternator atau dinamo ampere berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki. Alternator bisa mengubah energi gerak yang dihasilkan oleh mesin mobil menjadi energi listrik. Bila komponen ini bermasalah, aki menjadi tidak bisa diisi. Akibatnya, mesin mobil mati mendadak lantaran tidak adanya pasokan listrik yang tersedia.

3. Starter Mobil Bermasalah

Seiring pemakaian berkala, starter mobil atau ignition switch bisa mengalami masalah. Salah satu indikator alat ini rusak adalah mesin mobil mati mendadak ketika menyala, karena tenaga ke sistem pengapian dan bahan bakar terganggu. Dalam beberapa kasus, kendaraan masih bisa dinyalakan kembali beberapa saat kemudian.

4. Sistem Pengapian dan Asupan Udara

Sistem pengapian menjadi salah satu penentu kinerja mesin. Jika mati, ada kemungkinan koil dalam sistem itu sudah tidak bekerja dengan baik atau lemah. Lihat juga sekring (10 ampere) pada mesin, apakah putus atau tidak, karena berpengaruh pada kinerja koil.

Sistem asupan udara juga berperan krusial pada proses pembakaran di dalam mesin. Jika komponen seperti filter udara, air cleaner, hingga boks air cleaner bermasalah, asupan udara ke mesin tak akan sempurna.

5. Overheat (Mesin Terlalu Panas)

Penyebab mesin mobil mati mendadak saat perjalanan bisa juga dikarenakan mesin terlalu panas atau overheat. Masalah ini termasuk salah satu penyebab mesin mobil mati mendadak yang kerap dialami.

Umumnya, hal ini terjadi karena kurang rajin mengecek kondisi air radiator. Jika radiator kekurangan cairan, lakukan isi ulang, dan lanjutkan perjalanan. Namun, jika overheat pada mesin dirasa terlalu parah, minta bantuan mekanik atau ke bengkel terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper