Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif: Cara Membersihkan Knalpot Motor Biar Awet

Suzuki Indonesia mmebagikan cara membersihkan knalpot motor agar lebih awet.
Seorang pekerja membawa sejumlah knalpot mobil di pasar suku cadang otomotif/Reuters-Adnan Abidi
Seorang pekerja membawa sejumlah knalpot mobil di pasar suku cadang otomotif/Reuters-Adnan Abidi

Bisnis.com, JAKARTA – Knalpot sepeda motor merupakan bagian yang rawan terkena karat dan keropos. Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan cara tepat merawat knalpot.

Menurut Suzuki Indonesia, knalpot yang tak terawat bisa menyebabkan masalah pada pembakaran sehingga penggunaan bahan bakar tidak maksimal.

Berikut sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk merawat knalpot motor:

- Membersihkan Knalpot Setelah Hujan

Air hujan yang mengering pada motor bisa menyebabkan kerak pada knalpot motor. Penyebabnya kandungan asam pada air hujan cukup tinggi karena polusi udara, sehingga membersihkan knalpot motor setelah hujan sangat penting.

Knalpot yang tidak rajin dibersihkan akan menimbulkan kerak, dan kerak ini semakin lama akan semakin tebal yang menyebabkan knalpot menjadi berkarat. Anda bisa mencegahnya dengan menyiram knalpot setelah terkena hujan, lalu mengeringkannya.

- Mengecek Bahan Pembuatan Knalpot

Bahan yang digunakan untuk membuat knalpot tentu saja berbeda-beda, semisal knalpot yang terbuat dari bahan krom dan gampang tergores. Cara membersihkannya bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menyebabkan terjadinya goresan.

Apabila pada knalpot berbahan chrome terdapat noda membandel, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan oli bekas. Pastikan oli bekas yang Anda gunakan masih baik, agar hasilnya maksimal.

- Membersihkan Lubang Buang

Cara membersihkan knalpot motor yang selanjutnya bisa dilakukan dengan membersihkan lubang buang pada silencer. Membersihkan lubang silencer bisa dilakukan dengan menggunakan oli dan mengoleskan secukupnya.

Cara ini bisa dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali. Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran dan menjadi keropos pada bagian silencer maupun leher knalpot yang dekat dengan bagian tersebut.

- Mengoleskan Oli pada Leher Knalpot

Mengoleskan oli merupakan salah satu cara untuk merawat knalpot yang tidak kalah penting. Anda bisa melakukannya dengan mengoleskan oli bersih pada leher knalpot secara merata. Langkah ini bisa dilakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan.

Jika oli sudah dioleskan ke leher knalpot, selanjutnya hidupkan mesin motor selama dua menit. Oli tersebut kemudian akan terserap dan leher knalpot ini akan menjadi lebih bersih, dengan mengelupasnya oli yang dipanaskan tersebut.

- Membersihkan Korosi

Korosi bisa terjadi pada knalpot, dan jika hal tersebut terjadi maka knalpot harus segera dibersihkan. Cara membersihkannya cukup mudah, gunakan sikat yang masih bagus dan kuat, lalu oleskan detergen pada bagian knalpot yang berkarat atau bagian yang kotor.

Sikat kuat-kuat bagian tersebut sampai bersih dan bagian yang berkarat hilang, kemudian bilas dengan air bersih. Jika noda cukup membandel, Anda bisa menggunakan sikat kawat untuk mempermudah membersihkannya.

- Menggunakan Cairan Pembersih

Membersihkan kotoran pada knalpot dengan menggunakan sikat serta detergen tidak selamanya efektif. Anda membersihkannya dengan menggunakan cairan porstex, untuk menghilangkan korosi serta karat dengan lebih mudah.

Membersihkan knalpot dengan cairan ini memang sangat mudah dan efektif, namun Anda harus tetap berhati-hati. Penyebabnya, cairan ini bisa membuat warna blok mesin yang terkena cairan akan langsung luntur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper