Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mercedes-Benz Luncurkan Truk Listrik Baterai Perdananya, eActros

Mercedes-Benz berupaya menjadi bagian dari solusi atas masalah perubahan iklim dengan meluncurkan truk bertenaga listrik baterai.
Truk listrik baterai Mercedes-Benz eActros./istimewa
Truk listrik baterai Mercedes-Benz eActros./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Truk listrik baterai Mercedes-Benz eActros resmi meluncur di Jerman, Rabu (30/6/2021). Truk heavy duty perdana milik perusahaan asal Stuttgart, Jerman ini memiliki jangkauan 400 kilometer dengan kapasitas baterai hingga 420 kWh.

Member of the Board of Management at Daimler Truck AG dan bertanggung jawab untuk Mercedes-Benz Truck Karim Radstrom mengatakan transportasi adalah bagian dari masalah dalam perubahan iklim.

Sebab itu, Mercedes-Benz berupaya menjadi bagian dari solusi atas permasalahan tersebut dengan meluncurkan truk bertenaga listrik baterai.

“Truk eActros dan layanan khususnya menjadi langkah besar bagi Mercedes-Benz Truck dan bagi pelanggan kami untuk menuju transportasi yang netral CO2,” ujarnya dalam siaran pers.

Inti pada teknologi eActros adalah unit penggerak dengan dua motor listrik terintegrasi bersama dengan transmisi dua kecepatan. Kedua motor ini diklaim mampu memberikan kenyamanan berkendara dan dinamika kendaraan yang hebat.

eActros mendapatkan dayanya dari tiga atau empat paket baterai, yang masing-masing berkapasitas sekitar 105 kWh. Berkat kapasitas maksimum 420 kWh2, jangkauan hingga 400 kilometer menjadi realistis.

Head of Sales & Marketing di Mercedes-Benz Trucks Andreas von Wallfeld menuturkan eActros dapat diisi hingga 160 kW. Saat terhubung ke stasiun pengisian 400A DC, ketiga paket baterai perlu dicas lebih lama dari 1 jam untuk mengisi daya dari 20 hingga 80 persen.

“Dengan demikian, eActros dilengkapi dengan baik untuk kegiatan sehari-hari dalam transportasi sehubungan dengan ketersediaan dan kinerja,” kata von Wallfeld.

Fitur-fitur keamanan dan keselamatan pada truk ini turut disematkan, seperti sistem yang dipasang sebagai standar seperti Mirror Cam, Sideguard Assist S1R atau Active Brake Assist (ABA) generasi kelima dengan deteksi pejalan kaki.

Mulai musim gugur 2021, eActros akan diproduksi di pabrik perakitan truk terbesar Mercedes-Benz Trucks di Wörth am Rhein. Persiapan intensif telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir guna proses produksi, termasuk pembangunan jalur perakitan baru.

Pada tahap awal, model produksi seri eActros akan tersedia di Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia. Pasar selanjutnya akan menyusul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper