Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit

Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan penjualan sepeda motor di dalam negeri tahun ini diprediksi mencapai 4,3 juta-4,6 juta unit.
All New CBR150R tetap ditunjang dengan banyak fitur unggulan lain, termasuk Anti-lock Braking System (ABS) yang disertai Emergency Stop Signal (ESS). /Bisnis.com-Dionisio
All New CBR150R tetap ditunjang dengan banyak fitur unggulan lain, termasuk Anti-lock Braking System (ABS) yang disertai Emergency Stop Signal (ESS). /Bisnis.com-Dionisio

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan penjualan sepeda motor di dalam negeri tahun ini diprediksi mencapai 4,3 juta-4,6 juta unit.

Berdasarkan data AISI, pada periode Januari - Mei 2021, total penjualan kendaraan roda dua di pasar domestik tercatat 2.021.532 unit atau tumbuh 17,8 persen dibandingkan dengan realisasi penjualan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 1.716.097 unit.

Ketua Bidang Niaga AISI Sigit Kumala menjelaskan kondisi pasar motor saat ini sudah mulai membaik dibandingkan dengan periode awal pandemi yang kala itu sempat menyentuh angka penjualan 21 ribuan pada Mei 2020. Pandemi dan dampaknya dapat dikelola oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan lain sehingga perekonomian bisa secara perlahan mulai membaik.

“Kami ingin industri sepeda motor dapat melanjutkan kontribusi kepada negeri sejalan membaiknya pasar sepeda motor di dalam negeri. Kami yakin beberapa program pemulihan ekonomi dan program vaksinasi massal dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan daya beli konsumen, serta berdampak positif pertumbuhan penjualan sepeda motor tahun ini,” ujarnya, Minggu (20/6/2021).

Pada periode lima bulan pertama tahun ini, sejumlah pabrikan anggota AISI berusaha menstimulasi pasar dengan memperkenalkan beberapa model baru, antara lain Honda CBR150R, Honda PCX160, Honda CB150R Streetfire, Honda CRF250 Rally, Honda CBR600R, Kawasaki Ninja ZX-10R, grafis baru Kawasaki Ninja ZX-25R, Kawasaki KLX150, Kawasaki D-Trancker150, Yamaha R15, Yamaha Nmax, Yamaha V-ixion, dan Yamaha MT15.

Bekerja sama dengan lembaga pembiayaan, ATPM berusaha memasarkan sepeda motor dengan beragam program pembiayaan yang memberikan kemudahan pembelian bagi konsumen.

Selama Januari-Mei 2021, model sepeda motor skutik pada periode ini tercatat memberikan kontribusi terbesar. “Ke depan model motor skutik ini akan masih digemari masyarakat karena memang praktis dikendarai,” ujar Sigit.

Penjualan sepeda motor sempat mengalami penurunan pada Mei, tercatat 254.710 unit atau turun 46,1 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. “Mei kemarin memang ada penurunan karena dipicu oleh hari libur atau hari efektif kerja yang lebih sedikit. Kami berharap bulan-bulan berikutnya terjadi peningkatan, sehingga akhir tahun ini bisa kita capai penjualan di angka 4,3 juta-4,6 juta unit,” pungkas Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper