Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Toyota Raize Lampaui Target Bulanan

Berdasarkan surat pemesanan kendaraan (SPK), varian Toyota Raize yang paling laku adalah 1.0T GR Sport CVT.
Toyota Raize melaju di tanjakan gedung parkir Kuningan City. /PT Toyota Astra Motor
Toyota Raize melaju di tanjakan gedung parkir Kuningan City. /PT Toyota Astra Motor

Bisnis.com, JAKARTA — Jumlah pemesanan Toyota Raize selama tiga pekan dipasarkan di Indonesia mencapai 2.914 unit. Angka ini berdasarkan pada data Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang masuk ke PT Toyota Astra Motor (TAM) hingga 20 Mei 2021. 

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa kontributor terbesar Raize disumbang oleh varian 1.0T GR Sport CVT yang mencapai 49,2 persen. Varian 1.0T GR Sport CVT TSS (35,1 persen), 1.0T G CVT (9,1 persen), dan 1.0T G M/T (5,8 persen). "Sisanya 0,8 persen disubang oleh varian 1.0G MT dan 1.2 G CVT," kata Anton kepada Tempo, Jumat (21/5/2021).

Menurut Anton, DKI Jakarta menjadi wilayah dengan pemesanan terbesar untuk Raize (26,2 persen), disusul Jawa Barat (18,5 persen), Jawa Timur (11,1 persen). 

Adapun Raize diluncurkan di Indonesia pada 30 April 2021. Model ini ditawarkan dalam delapan varian dengan harga mulai Rp 219,9 juta hingga Rp 265,9 juta. TAM menargetkan penjualan bulanan untuk Raize sebesar 2.000 unit. Sebelumnya, TAM mengumumkan pemesanan Raize di sepekan pertama setelah diluncurkan mencapai 1.269 unit. 

Toyota Raize merupakan salah satu model yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku mulai 1 Maret 2021. Di Indonesia, produk kembaran Daihatsu Rocky ini akan mengisi segmen entry level SUV, berhadapan dengan sejumlah model seperti Kia Sonet dan Nissan Magnite. 

Baca Juga : Jajal Performa Toyota Raize 1.000 Cc Turbo, Ada Catatan Kecil

Mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) kompak berkapasitas 5 penumpang ini diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil ini mendapatkan insentif pajak pembelian atas barang mewah atau PPnBm.

Toyota Raize diketahui hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.0 turbo dan 1.2 non-turbo. Namun, untuk saat ini, produk yang tersedia untuk konsumen adalah tipe 1.0 turbo, sedangkan varian 1.2 non turbo hadir pada semester kedua tahun ini.

Sebagai gambaran, varian paling rendah mesin 1.000 cc turbo, tanpa PPnBM dijual dengan harga Rp219,9 juta, sedangkan harga normal mobil ini adalah Rp236,8 juta. Namun, pada Juni potongan harga berkat insentif PPnBM akan berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper