Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raize dan Rocky Pakai Mesin Turbo, Berapa Konsumsi BBMnya?

Teknologi turbo diklkaim akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, sekaligus penyetaraan performa dengan mesin berkubikasi lebih besar.
Toyota Raize. /global.toyota
Toyota Raize. /global.toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Pada tahap awal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang tersedia di Indonesia adalah varian 1.000 cc turbo. Pabrikan mengklaim, meskipun menggunakan kubikasi mesin kecil, tenaga yang dihasilkan kedua mobil tidak kalah dengan kubikasi mesin yang lebih besar.

Berdasarkan informasi di laman resmi Auto2000, mesin turbo menjadi senjata ampuh duet maut produk Daihatsu-Toyota ini. Teknologi turbo akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, sekaligus penyetaraan performa dengan mesin berkubikasi lebih besar. Di kancah internasional, hal ini dikenal dengan istilah mesin downsizing.  

Gagasan mesin turbo mini adalah kubikasi kecil, tetapi memiliki perangkat forced induction berupa turbo charger. Dengan induksi turbo, maka tenaga instan tambahan akan dihasilkan dan jika dikalkulasi jadi selevel dengan mesin yang kapasitasnya lebih besar.

Lantas berapa konsumsi bensin kedua mobil tersebut? 

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa Toyota Raize akan tersedia dalam dua varian nantinya, yakni mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc. Namun pihak Toyota cukup yakin kebanyakan konsumen akan memiliih varian mesin turbo. 

Anton menjelaskan mesin turbo mengonsumsi BBM per 100 km sekitar 5,6 liter. "Ini untuk kondisinya variasi ya luar kota dalam kota, kombinasi ya. Kalau diconvert itu 13,8-18 kilometer per liter," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/4/2021).

Pada kesempatan terpisah,  Marketing Product Planning & Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan bahwa Rocky telah melalui pengujian di 24 jenis jalan berbeda di fasilitas R&D Daihatsu, hingga dilakukan pengetesan di Jakarta-Surabaya. 

"Dari hasil test, 1.0 turbo mencapai 17-18 kilometer per liter. Tester tim internal ADM," kata Anjar. 

Adapun Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah mobil yang diproduksi dengan platform serupa. Kedua mobil ini mengusung strategi yang telah lama dilakukan oleh Toyota dan Daihatsu. 

Di Indonesia Toyota Raize 1.000 cc turbo dipasarkan dengan harga mulai dari Rp219,9 juta hingga Rp265,9 juta. Sementara itu Daihatsu Rocky dilego Rp214,2 juta hingga Rp236,1 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper