Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Sembarangan Beli Mobil Bekas Pakai THR, Simak Tipsnya

Berikut adalah sejumlah langkah yang dapat dilakukan sebelum membeli mobil bekas setelah mendapatkan THR.
Deretan mobil bekas yang dijual di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Deretan mobil bekas yang dijual di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah telah menerbitkan aturan yang mewajibkan perusahaan membayar tunjangan hari raya (THR) paling lambat H-1 Idulfitri. Dengan tunjangan itu, tak sedikit orang yang menggunakannya untuk membeli kendaraan. 

Membeli mobil bekas adalah salah satu pilihan tepat bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Namun, untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas masih baik, dibutuhkan kecermatan serta ketelitian dalam memilih. 

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Kamis (29/4/2021), berikut adalah sejumlah langkah yang dapat dilakukan sebelum membeli mobil bekas.

1. Dengarkan Rekomendasi Teman

Penjual mobil terpercaya akan selalu membawa cerita bagus. Carilah beberapa dealer mobil bekas rekomendasi teman anda. Gali informasi tentang kendaraan yang dijual serta sesuaikan harga dengan bujet.

2. Perhatikan Tahun Produksi Kendaraan

Semakin lama  kendaraan diproduksi, maka makin membutuhkan perawatan lebih. Tentu ini semua seiring dengan penggunaannya. Tahun produksi kendaraan bisa anda lihat dalam Surat Kepemilikan Kendaraan Bermotor, lalu ocokkan dengan keadaan kendaraan.

3. Uji Kendara

Jangan hanya tertarik pada penampilan luar. Seringkali para penjual memoles dengan rapi sebuah kendaraan, akan tetapi mesin tidak berjalan sempurna.

Untuk lebih memastikan kondisi kendaraan, tidak ada salahnya untuk melakukan uji kendara atau test drive. Rasakan tarikan mesin, tekanan ban serta rem ketika berhenti. Bagaimanapun fungsi dasar sebuah kendaraan harus dapat dipenuhi.

4. Bandingkan Harga dengan Dealer Lain

Anda tidak perlu berkeliling dari dealer mobil bekas satu ke yang lainnya. Cukup pergi ke portal-portal pembelian jual mobil. Carilah tipe mobil bekas yang anda inginkan. Bandingkan semua fitur kendaraan yang mendukung untuk mudik.

Jangan lupa hal penting lainnya, yaitu membandingkan harganya serta cek fasilitas yang dealer tawarkan. Semisal, menukar kendaraan jika dalam jangka waktu tertentu sudah mogok atau apakah para dealer memasukkan asuransi ke dalam harga atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper