Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pangsa Pasar Mobil Suzuki Meningkat, Rakitan Lokal Mendominasi

Kontribusi rakitan lokal terhadpa penjualan Suzuki tahun lalu sebesar 91 persen.
Diler Suzuki ke-325 di Serang, Banten. /BISNIS.COM-Yudi Supriyanto.
Diler Suzuki ke-325 di Serang, Banten. /BISNIS.COM-Yudi Supriyanto.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menutup tahun 2020 melaporkan peningkatan pangsa pasar, yang didorong oleh model rakitan lokal.

Berdasarkan data yang dirilis Suzuki, Jumat (5/3/2021), penjualan mobil dari pabrik ke diler atau wholesales pada tahun lalu mencapai 66.130 unit dengan kenaikan pangsa pasar sebesar 2,7 persen, atau menjadi 12,4 persen.

Sementara itu, untuk penjualan dari diler ke konsumen atau ritel, sebanyak 72.389 unit, sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar sebesar 2,66 persen menjadi 12,5 persen.

4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Dony Saputra mengatakan bahwa kontribusi terbesar penjualan Suzuki didominasi oleh produk yang dirakit secara lokal, dengan kontribusi mencapai 91 persen dari total penjualan perusahaan pada tahun lalu.

“Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen,” ujar Dony.

Kontributor terbesar yaitu New Carry Pick Up dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan ritel sebanyak 40.697 unit. Angka ini berhasil membawa Suzuki Carry menguasai 59,5 persen pangsa pasar wholesales pikap kecil dan 61 persen pasar ritel di segmen serupa.

Kontribusi penjualan Suzuki tahun lalu juga disumbangkan oleh produk andalan lainnya, yaitu XL7 dan All New Ertiga. XL7 menyumbang 12 persen terhadap penjualan nasional Suzuki dengan 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit penjualan ritel.

XL7 sendiri menguasai 12,1 persen pangsa pasar wholesales medium sport utility vehicle dan 9,6 persen pangsa pasar ritel. Adapun All New Ertiga berkontribusi 13,3 persen dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales.

Di segmen low multipurpose vehicle (LMPV), All New Ertiga menguasai 9 persen pangsa pasar wholesales dan 10,6 persen pangsa pasar ritel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper