Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hino Pamerkan 4 Bus Anti-Covid-19, Apa Saja?

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menampilkan line up kendaraan yang dapat membantu masyarakat melawan Covid-19. Bertempat di Hino Total Support Centre di Jatake, Tangerang, Hino menunjukan 4 bus anti-Covid-19.
Microbus 4 roda ini bermesin 4.000 CC dengan tenaga 110 PS sehingga sangat andal di medan berat termasuk di jalan lurus yang berjalan panjang. /Hinorn
Microbus 4 roda ini bermesin 4.000 CC dengan tenaga 110 PS sehingga sangat andal di medan berat termasuk di jalan lurus yang berjalan panjang. /Hinorn

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menampilkan line up kendaraan yang dapat membantu masyarakat melawan Covid-19. Bertempat di Hino Total Support Centre di Jatake, Tangerang, Hino menunjukan 4 bus anti-Covid-19.

Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO)-Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengungkapkan pihaknya telah melihat transformasi signifikan selama pandemi Covid-19, mulai dari prosedur pengoperasian baru hingga ide–ide yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk kebutuhan kendaraan komersial.

"Gagasan inilah yang akhirnya kami cetuskan melalui kendaraan–kendaraan yang akan membantu dalam memerangi pandemi ini dan untuk Indonesia Bebas Covid-19,” katanya dalam keterangan pers, Rabu (17/2/2020).

Setidaknya, Hino telah memamerka empat produk bus anti-Covid, yakni Hino Bus R260 yang disulap oleh pemiliknya PO Sumber Alam menjadi Bio Smart & Safe Bus, ada Hino FC Bus dengan aplikasi Mobile Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab, dan Hino Flexicab Microbus dengan bodi ambulans, dan Hino Flexicab Microbus dengan bodi mobile PCR Lab.

Hino Pamerkan 4 Bus Anti-Covid-19, Apa Saja?

  • Hino Bus R260 Bio Smart & Safe Bus

Menggunakan Bus Hino R260, PO Sumber Alam yang bekerja sama dengan Karoseri Laksana dan dibantu oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) serta dipandu oleh Komite Nasional Keselematan Transportasi (KNKT) merilis bus dengan konsep Bio Smart & Safe Bus.

Bus ini dirancang guna kebutuhan transportasi masyarakat dimasa pandemi yang aman dan nyaman.
Bus Hino milik PO Sumber Alam ini tidak hanya menerapkan kursi tempat duduk physical distancing dengan konfigurasi 1-1-1. Namun diterapkan juga desain sirkulasi udara laminar vertikal pada kabin, untuk udara yang lebih bersih karena adanya penyedot udara dibawah kursi penumpang atau Inlet AC.

Pada desain bus pada umumnya, AC akan menyedot udara dari atas, serta jalur keluarnya AC juga dari atas kepala penumpang, hal ini menimbulkan turbulensi udara. Sementara pada Bio Smart & Safe Bus ini penyedot udara berada di bawah, sehingga udara yang keluar dari louver AC bisa langsung turun dan terhisap oleh inlet AC yang ada di bawah untuk kemudian disterilkan lagi dengan HEPA filter dan UV-C light untuk menjadi udara yang lebih bersih.

Bus Hino Bio Smart & Safe Bus ini turut juga disemprotkan lapisan material Nano Silver pada seluruh permukaan interior bus untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di dalam bus. Serta pembagian masker herbal yang dibagikan untuk penumpang, hal ini tentunya menambah rasa aman dan nyaman bagi penumpang selama perjalanan.

Bus ini memiliki konsep untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih, aman dan tentu saja lebih sehat. Jadi virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat tersedot ke bawah dan tersaring dengan baik untuk menjadi udara yang lebih bersih di dalam bus.

"Selain itu material Nano Silver juga memberikan proteksi tambahan bagi penumpang, karena partikel ini akan membantu membunuh bakteri atau virus – virus yang menempel di dalam bus,” ujar Anthony Steven H, Owner PO Sumber Alam.

Hino Pamerkan 4 Bus Anti-Covid-19, Apa Saja?

  • Hino FC Bus-Bio Laboratorium dan Mobile PCR Lab

Dalam upaya membantu pemerintah dalam memerangi pandemi Covid 19, Bus Hino turut juga dijadikan sebagai Bus Bio Labratorium – Mobile PCR Lab. Menggunakan sasis Hino FC Bus, Bio Lab bus merupakan Mobile Lab yang didesain khusus mengikuti standar Biosafety Laboratory Level (BSL) II.

Bio Lab Bus didesain secara rinci dengan memperhatikan aspek keselamatan tenaga medis yang akan bekerja di dalamnya dan juga alur kerja beserta pembagian ruangan yang ditujukan untuk meminimalisir potensi kontaminasi terhadap sample. Bio Lab bus menerapkan jalur masuk dan keluar terpisah, dan di desain dengan ruangan laboratorium yang juga terpisah.

Ruangan yang terdapat pada bus ini antara lain changing room untuk menggunakan APD, setelah itu masuk ke anteroom, extraction room untuk analisis sampel pasien suspek Covid-19, PCR room untuk melakukan analisis real time PCR, selain itu sirkulasi udara yang menggunakan Hepa Filter untuk menghasilkan tekanan negative menghasilkan udara lebih bersih.

Material dan peralatan-peralatan telah menggunakan standard laboratorium. Secara keseluruhan, Bio Lab Bus ini telah dilengkapi teknologi yang memadai untuk operasional fasilitas kesehatan. Selain itu bus ini memiliki kapasitas untuk bekerja hingga 24 jam, dengan total jumlah analisis sampel hingga 576 tes setiap harinya.

Hino Pamerkan 4 Bus Anti-Covid-19, Apa Saja?

  • Hino Flexicab Ambulans & PCR Lab

Ini microbus dengan bodi serbaguna yang dapat dijadikan berbagai macam aplikasi. Seperti saat ini, Hino Flexicab hadir dengan aplikasi ambulans untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Microbus 4 roda ini bermesin 4.000 CC dengan tenaga 110 PS sehingga sangat andal di medan berat termasuk di jalan lurus yang berjalan panjang.

Hadir dengan ruang kabin yang luas dan sasis lebih panjang. Hino Flexicab turut dilengkapi dengan suspensi khusus bus, floating body mounting dan stabilizer depan mampu memberikan kenyamanan dan kestabilan bagi pengendara dan penumpang di dalamnya, termasuk bagi pasien yang berada di dalam ambulans ini.

Dengan profil sasis yang tebal dan kokoh. Hino Flexicab memiliki gross vehicle weight (GVW) atau berat total kendaraan yang besar untuk membawa banyak muatan.

Mobil ini termasuk dapat digunakan sebagai PCR Lab berjalan yang hari ini turut juga HMSI tunjukan. Kendaraan ini sangat membantu pemerintah dalam meredam pandemi Covid-19 untuk tracing atau mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper