Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Kuasai Pasar Otomotif 2020, Ini Model Terlarisnya

Toyota kembali menjadi penguasa pasar otomotif di Indonesia, sekaligus kembali menempatkan Avanza sebagai mobil terlaris perusahaan sepanjang 2020.
Dari total penjualan ritel Toyota sepanjang 2020, terdapat tiga model yang berkontribusi besar terhadap kinerja penjualan perusahaan. Mereka adalah Avanza, Rush, dan Innova. /Toyota
Dari total penjualan ritel Toyota sepanjang 2020, terdapat tiga model yang berkontribusi besar terhadap kinerja penjualan perusahaan. Mereka adalah Avanza, Rush, dan Innova. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota kembali menjadi penguasa pasar otomotif di Indonesia, sekaligus kembali menempatkan Avanza sebagai mobil terlaris perusahaan sepanjang 2020.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan bahwa sepanjang 2020, Toyota meraih total penjualan 182.665 unit dan menguasai 31,6 persen pangsa pasar otomotif nasional yang mencapai 578.327 unit.

Anton memerinci bahwa pada kuartal I/2020 atau saat Covid-19 belum masuk ke Indonesia, Toyota membukukan penjualan ritel 66.599 unit. Namun, seiring dampak dari Covid-19, pada kuartal II/2020 TAM menjual 26.366 unit, turun 60,4 persen dari kuartal pertama 2020.

Namun, secara perlahan kinerja TAM berangsur pulih. Pada kuartal III/2020, Toyota membukukan penjualan 35.111 unit atau tumbuh 33,2 persen dari kuartal kedua. Adapun, di kuartal empat meningkat signifikan menjadi 54.589 unit, naik 55,5 persen dari kuartal ketiga.

“Intinya selama tahun 2020, di Toyota pendekatannya mencoba untuk menyeimbangkan antara supply dan demand,” ujar Anton kepada Bisnis, Kamis (14/1/2021).

Menurut Anton, penyelarasan antara penawaran dan permintaan tersebut dilakukan agar bisnis perusahaan tetap berjalan secara seimbang dan dealer-dealer Toyota tidak semakin kewalahan dalam menghadapi penurunan permintaan akibat virus Corona.

“Jadi secara bisnis point of view bisa seimbang dan tidak menyusahkan dealer, sebab jika terlalu banyak supply tapi tidak bisa diserap karena pasarnya terdampak Covid-19,” tuturnya.

Di sisi lain, sepanjang tahun lalu, Toyota juga terus merilis sejumlah model dan layanan baru untuk memastikan kebutuhan konsumen tetap terpenuhi. Tercatat, ada 13 produk yang diluncurkan TAM, mulai dari dari low segment, sport car, hingga elektrifikasi.

Sementara itu, ada pula layanan digital agar tetap bisa menjangkau pelanggan secara daring, di antaranya Chatbot, aplikasi mToyota, Halobeng, dan virtual expo. Program inovatif juga diberikan perusahaan, seperti Spektakuler, Deal Cermat, dan car subscription melalui Kinto.

“Ini semua sekaligus memberikan angin segar kepada market supaya tidak stagnan, sebab jika tetap stagnan efeknya bisa ke mana-mana, dari hulu ke hilir,” kata Anton.

Anton juga mengungkapkan bahwa dari total penjualan ritel Toyota sepanjang 2020, terdapat tiga model yang berkontribusi besar terhadap kinerja penjualan perusahaan. Mereka adalah Avanza, Rush, dan Innova.

Perinciannya, Avanza membukukan penjualan 40.728 unit atau menopang 22,3 persen terhadap penjualan ritel perusahaan. Adapun, Rush terjual 34.528 unit dengan kontribusi 18,9 persen dan Innova meraih 29.952 unit penjualan yang berkontribusi 16,4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper