Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Tahun Pandemi, Proton Catatkan Rekor Penjualan 2020

Setelah setahun menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Proton menutup 2020 dengan kenaikan penjualan hingga melampaui kinerja 2019, meski sempat kehilangan waktu produksi dan penjualan lebih dari dua bulan.
Proton X50. /Proton
Proton X50. /Proton

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah setahun menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Proton menutup 2020 dengan kenaikan penjualan hingga melampaui kinerja 2019, meski sempat kehilangan waktu produksi dan penjualan lebih dari dua bulan.

Setelah mencatatkan penjualan 13.306 unit pada Desember, Proton berhasil mencatatkan menjual 109.716 unit sepanjang 2020 atau meningkat 8,8 persen dari 100.821 unit yang terjual pada 2019.

Proton adalah satu-satunya perusahaan otomotif besar yang mencatat pertumbuhan di Malaysia. Selain itu, pangsa pasar Proton juga meningkat menjadi 21,1 persen, setara dengan peningkatan 4,4 persen poin yang signifikan.

Pendorong utama pertumbuhan volume adalah Proton Persona, Iriz, Exora, dan Saga (PIES), sedangkan X50 melampaui ekspektasi, meskipun kedatangannya lebih lambat dari yang direncanakan. Keempat model PIES telah diperbarui secara ekstensif pada 2019.

Proton menyatakan investasi telah terbayar dengan setiap model membukukan angka penjualan yang lebih tinggi meskipun terjadi pandemi.

Kinerja ini dikombinasikan dengan peningkatan 49,8 persen dalam volume ekspor, memungkinkan Proton untuk melawan tren industri otomotif Malaysia yang diperkirakan akan mengalami kontraksi sekitar 13 persen.

Dalam hal kinerja individu, setiap model Proton mengakhiri tahun di dekat bagian atas segmennya masing-masing. Proton Saga tetap sebagai perusahaan terlaris 2020. Adapun gabungan Proton X50 dan Proton X70 menjadikan Proton merek SUV nomor satu di negara ini.

“Kami bersyukur telah mencapai level kinerja ini dengan latar belakang 2020. Untuk menggambarkannya sebagai tantangan adalah sebuah pernyataan yang meremehkan tetapi kami bertahan," kata Li Chunrong, Chief Executive Officer Proton, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (6/1/2021).

Hasil Proton didukung oleh banyak faktor, kepercayaan dari pelanggan, dukungan dari pemerintah, komitmen vendor, ketahanan dealer dan ketekunan dari staf.

Covid-19 membuat aktivitas ekonomi terhenti total dan efek negatifnya membutuhkan keputusan manajemen yang cepat, hati-hati dan keras. Pengendalian biaya yang cermat dan peningkatan efisiensi sejak beberapa tahun terakhir memungkinkan Proton untuk bereaksi dengan cepat terhadap krisis.

Meskipun menghadapi dampak Covid-19, tidak ada PHK atau pemotongan gaji. Lebih penting lagi, pemantauan dan ketangkasan yang konstan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produksi dengan sangat cepat setelah penguncian.

Pasca kuncian, Proton sangat ketat tentang keselamatan bagi pelanggan dan karyawan. Protokol ketat telah diterapkan dan masih diikuti untuk memastikan bahwa semua pelanggan, mitra, dan karyawan dapat bertransaksi dengan tenang.

Namun, seperti semua industri lain yang bergantung pada rantai pasokan global untuk komponen, perusahaan tersebut dipengaruhi oleh ketersediaan suku cadang untuk memproduksi mobil baru dan mengisi kembali suku cadangnya.

Hal ini menyebabkan penundaan yang dalam beberapa kasus meningkatkan waktu tunggu secara drastis bagi pelanggan penjualan dan layanan. Namun, langkah-langkah telah diambil untuk mengatasi masalah ini yang akan melihat peningkatan yang nyata di tahun mendatang meskipun dalam jangka pendek, beberapa penundaan akan terus berlanjut.

Komponen utama dalam kinerja Proton pada 2020 adalah hasil investasinya di bidang manufaktur dan kualitas. Ini baik di bidang perangkat keras dan perangkat lunak. Selain teknologi, proses dan sistem baru diperkenalkan untuk mendorong peningkatan kapasitas dan presisi.

Hal ini dicontohkan tidak hanya dengan peningkatan volume tetapi dengan pengenalan yang mulus dari Proton X50 di jalur produksi baru perusahaan di Tanjung Malim, yang juga merupakan rumah dari Persona, Iris dan X70. Pabrik Shah Alam terus meningkatkan kinerjanya, menghasilkan rekor jumlah rekor Saga dan Exora.

Impor yang lebih besar adalah bahwa Proton secara nyata meningkatkan skor Audit Produk Pelanggan Global (GCPA) yang menunjukkan bahwa inisiatif kualitasnya mulai membuahkan hasil. Perusahaan mampu melakukan ini meskipun manufaktur menjadi yang paling terkena dampak pandemi.

Ekspor di Masa Sulit

Terlepas dari pembatasan pada pergerakan barang global, 2020 merupakan tahun yang kuat bagi divisi ekspor Proton, terutama pada Desember. Proton Saga yang dirakit secara lokal roll-off jalur perakitan di Kenya itu telah debut bersama Proton X70 di Pakistan, di mana kedua model akan dijual awalnya sebagai CBU tetapi kemudian sebagai CKD, ketika pabrik di Karachi selesai 2021.

Proton Saga juga populer di Mesir dan Bangladesh, tetapi itu bukan satu-satunya model yang sukses besar di luar negeri bulan lalu. Proton X50 memasuki pasar ekspor pertamanya ketika melakukan debut internasionalnya di Brunei pada 19 Desember, menjadikannya model Proton keempat yang diluncurkan di kerajaan pada 2020 setelah Proton Persona, Iriz dan Saga tiba pada Januari.

Jaringan Ritel

Proton meningkatkan jejaknya dengan 20 gerai 3S / 4S lainnya sehingga jaringannya menjadi 140 pada akhir tahun 2020. Perusahaan melanjutkan program peningkatannya untuk membuat perbedaan di seluruh rantai nilai pelanggan.
Dalam upaya memberikan pengalaman merek premium, perusahaan memberikan fokus khusus pada pembenahan back-end bisnis, terutama di bidang purna jual dan suku cadang. Meskipun sudah menunjukkan hasil, upaya ini merupakan bagian dari rencana PROTON untuk evolusi jangka panjang bisnisnya.

Proton juga mengbat model penjualan ritelnya ke model grosir pada 2020 dengan pengalihan kepemilikan 49 cabangnya. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus pada pengembangan produk, kualitas produk, layanan purna jual, dan ekspor sambil membuka pintu bagi dealer untuk memperluas jangkauan layanan pelanggan.

Memberikan kembali ke Malaysia

Sebagai merek Malaysia, Proton memanfaatkan sumber dayanya untuk berkontribusi dalam memerangi virus corona, meminjamkan 50 unit Proton X70 ke Kementerian Kesehatan sambil juga memproduksi dan mengirimkan sekitar 120.000 pelindung wajah ke garis depan.

Hal ini selanjutnya didorong oleh sumbangan dana, ventilator dan perlengkapan perlindungan pribadi (APD) lainnya oleh dua pemegang saham perusahaan, Geely dan DRB-HICOM. Ini terus mendukung Pemerintah melalui pinjaman kendaraan dan inisiatif lainnya

“Pada saat yang sama kami juga memastikan bahwa kami melakukan bagian kami untuk negara, yang sangat kami banggakan di Proton. Kami akan terus menginjak pedal gas pada tahun 2021 dan berusaha untuk meningkatkan semua aspek bisnis,” kata Li Chunrong.

Kinerja Penjualan Proton per November 2020
- Saga, 46.527 unit, 2ndhighest volume A-segment sedan
- Persona, 23.917 unit, Highest volume B-segment sedan
- Exora, 5.849 unit, Highest volume C-segment MPV
- Iriz, 7.636 unit, 3rd highest volume B-segment hatchback
- X70, 21.944 unit, Highest volume C-segment SUV
- X50, 3.787 unit, 3rd Highest volume B-segment SUV
- Total, 109.716 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper