Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Covid-19, Mobile Lab BSL-2 BPPT Bergerak ke Jombang

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengoperasionalkan layanan pengujian sampel Covid-19 dengan memanfaatkan Mobile Laboratory Biosafety Level 2 (Mobile Lab BSL-2) ke Jombang, Sabtu (27/12/2020), setelah sebelumnya memberi layanan di Yogyakarta dan Denpasar.
Mobile Lab Biosafety 2 dirancang dapat memeriksa 500 sampel per 24 jam, hasil tersebut bisa diketahui dalam 8 jam. /BPPT
Mobile Lab Biosafety 2 dirancang dapat memeriksa 500 sampel per 24 jam, hasil tersebut bisa diketahui dalam 8 jam. /BPPT

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengoperasionalkan layanan pengujian sampel Covid-19 dengan memanfaatkan Mobile Laboratory Biosafety Level 2 (Mobile Lab BSL-2) ke Jombang, Sabtu (27/12/2020), setelah sebelumnya memberi layanan di Yogyakarta dan Denpasar.

Mobile Lab BSL-2 BPPT adalah bus yang dijadikan sebagai laboratorium yang dibutuhkan untuk memeriksa hasil swab test dengan cara PCR (Polymerase Chain Reaction). Fasilitas di bus ini sesuai dengan standar yang dimiliki rumah sakit ataupun tempat pemeriksaan spesimen dari Covid-19.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan selama ini pemeriksaan hasil swab di rumah sakit maupun laboratorium dinas kesehatan dan itu membutuhkan waktu. Belum lagi ditambah dengan pengiriman hasil swab, sehingga dengan memanfaatkan fasilitas BSL-2 tersebut lebih mendekatkan pelayanan pemeriksaan.

"Bus ini dapat menjangkau daerah yang dilihat memiliki tingkat paparan tinggi, dengan demikian dapat mempercepat tes akurat. Banyak kapasitas testing baik rumah sakit terdekat maupun tempat lain yang selama ini melaksanakan PCR test, dengan ini sebuah model menjadi karya inovasi yang berlangsung," ujarnya.

Selama ini BPPT selalu membuat terobosan baru untuk mendukung layanan tes Covid-19. Sebelumnya adalah kontainer, trailer, dan sekarang ini berupa bus. Bus ini akan bergerak ke berbagai daerah yang sulit dijangkau yang selama ini dikirimkan spesimen dan membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, tingkat efektivitas fasilitas layanan juga terus diperbaiki, Mobile Lab BSL-2 ini dirancang dapat memeriksa 500 sampel per 24 jam, hasil tersebut bisa diketahui dalam delapan jam, pungkasnya.

Direktur RS Unipdu Medika Kabupaten Jombang Zulfikar As'ad Umar menyampaikan fasilitas rapid test dengan memanfaatkan Mobile Lab BSL-2 akan diberikan secara gratis pada yang membutuhkan. "Kami menawarkan ke masyarakat di Jombang yang terdapat alokasi 150 dengan operasional Ahad dan Senin."

RS Unipdu Medika Jombang juga telah menyiapkan fasilitas untuk merawat pasien Covid-19 dengan 14 tempat tidur yang disiapkan jika RSUD Jombang kewalahan merawat pasien Covid -19.

Di Kabupaten Jombang, kasus Covid -19 relatif cukup tinggi. Hingga 26 Desember 2020 kasusnya mencapai 2.133 orang yang terkonfirmasi positif Covid -19. Dari jumlah itu, 1.805 sudah dinyatakan sembuh, 96 orang masih dirawat dan 232 orang telah meninggal dunia.

Diharapkan dengan adanya Mobile BSL 2 ini dapat membantu dan bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Jombang khususnya dalam menangani pandemi Covid-19, tutupnya.

Sebagai informasi, Mobile Lab BSL-2 ini juga dilengkapi dengan aplikasi pantau Covid -19 (PC-19) yang akan memudahkan masyarakat untuk melakukan swab test, registrasi daring, serta mendapatkan jadwal waktu dan urutan untuk swab test.

Mobile lab BSL-2 dibangun dengan memanfaatkan container 20 feet, laboratorium disain untuk 2 ruangan yaitu anteroom dan main room yang dilengkapi dengan negative pressure dan sistem interlock. Dalam perkembangan berikutnya, Mobile Lab BSL-2 dibangun dengan basis kendaraan bus.

Fasilitas Biosafety Cabinet, Autoclave dan PCR serta peralatan pendukung lain menjadikan lab BSL-2 ini memenuhi persyaratan Biosafety Level 2 plus (BSL-2 enhance). Layanan Mobile Lab Biofafety 2 ini ditempatkan di RS Unipdu Medika, Kabupaten Jombang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper