Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OLX Autos Ungkap Lima Tren Pasar Mobil Bekas 2021

OLX Autos dalam studi bertajuk Used Cars Industry Behavior Shift memprediksi beberapa hal akan menjadi tren di pasar mobil bekas pada 2021.OLX Autos dalam studi bertajuk Used Cars Industry Behavior Shift memprediksi beberapa hal akan menjadi tren di pasar mobil bekas pada 2021.
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara/Chairul Rohman
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara/Chairul Rohman

Bisnis.com, JAKARTA - OLX Autos dalam studi bertajuk Used Cars Industry Behavior Shift memprediksi beberapa hal akan menjadi tren di pasar mobil bekas pada 2021.

Menurut studi OLX Autos, Jumat (18/12/2020), ada lima hal yang bakal menjadi tren dalam waktu jangka panjang di pasar mobil bekas. Di antaranya pengguna akan cenderung memilih mobil pribadi sebagai pendukung aktivitas, dan transaksi jual beli mobil bekas akan bergeser ke bentuk digital.

Selain itu, para pelanggan cenderung mencari transaksi lebih aman dengan one-stop shop end-to-end services, pasar mobil bekas akan berkembang dan menciptakan tren bentuk bisnis baru seperti Car Subscription, dan mobil hibrida atau listrik akan dilirik pelanggan serta mendapatkan dukungan pemerintah dalam rangka mengurangi emisi karbon.

“Kami yakin perubahan perilaku konsumen yang lebih memilih membeli mobil pribadi karena faktor keamanan dan anggaran berpotensi mempengaruhi pertumbuhan pasar mobil bekas yang lebih besar," ujar Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia.

Dia menambahkan pelaku industri juga harus menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan memberikan transaksi yang lebih aman. Ini perlu dibarengi dengan stimulus yang tepat dari pemerintah untuk mendorong pertumbuhan kategori tersebut.

Di sisi lain, studi juga menyebutkan di atas 50 persen dari responden percaya pergerakan ekonomi di Indonesia akan kembali ke normal pada paruh kedua 2021. Para dealer meyakini pulihnya pasar mobil bekas seiring optimisme terhadap perkembangan dunia medis dalam menanggulangi pandemi.

Hal ini diperkuat dengan Bank Indonesia yang telah memiliki beberapa strategi dalam pemulihan ekonomi 2021, seperti pembukaan sektor produktif dan aman, percepatan realisasi stimulus fiskal, peningkatan kredit kepada dunia usaha, keberlanjutan stimulus moneter dan makroprudensial, serta digitalisasi ekonomi dan keuangan khususnya UMKM.

Prasyarat agar semua hal tersebut terwujud adalah vaksinasi dan disiplin protokol Covid-19. Stimulus yang akan dilakukan oleh Bank Indonesia juga turut dapat mendukung pergerakan pasar mobil bekas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper