Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Tutup Tahun, Pangsa Pasar Daihatsu Membesar

Daihatsu mencatatkan kenaikan yang terus pada Nomber 2020, seiring dengan peningkatan penjualan mobil secara nasional. Laju penjualan Daihatsu yang relatif kencang membuat pangsa pasarnya membesar.
Design eksterior yang stylish dan elegan, menjadikan New Astra Daihatsu Sigra menjadi MPV 7-seater yang lebih berkelas untuk melengkapi gaya berkendara masa kini. -Daihatsu
Design eksterior yang stylish dan elegan, menjadikan New Astra Daihatsu Sigra menjadi MPV 7-seater yang lebih berkelas untuk melengkapi gaya berkendara masa kini. -Daihatsu

Bisnis.com, JAKARTA - Daihatsu mencatatkan kenaikan yang terus pada Nomber 2020, seiring dengan peningkatan penjualan mobil secara nasional. Laju penjualan Daihatsu yang relatif kencang membuat pangsa pasarnya membesar.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan market share penjualan ritel Daihatsu hingga November mencatatkan hasil positif, didukung dengan pemulihan pasar otomotif nasional secara perlahan.

"Kami berharap, tren positif ini dapat tetap terjaga dan kondusif, sehingga pasar otomotif yang menjadi salah satu industri penting penggerak roda perekonomian di Indonesia dapat bergairah kembali”, ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (18/12/2020).

Jelang penutupan tahun 2020, pasar otomotif nasional untuk kendaraan roda empat mulai memasuki masa pemulihan secara perlahan dan menunjukkan tren positif, yang mana sebelumnya sempat berada pada titik terendahnya di kuartal II karena pandemi Covid-19.

Pemulihan ini ditandai dengan kenaikan penjualan ritel pada pasar otomotif kendaraan roda empat saat memasuki masa transisi yang mengalami titik balik recovery market pada Juni 2020, dan terus mengalami tren positif hingga November 2020 dengan penurunan sekitar 40% dibandingkan dengan titik terendahnya pada Mei 2020 dengan penurunan sebesar 82%.

Secara kumulatif, volume penjualan ritel pasar otomotif sejak Januari – November 2020 sekitar 509.000 unit, turun sekitar 46% dibandingkan periode yang sama tahun 2019 lalu sebesar 942.000 unit.

Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu hingga November 2020 mencapai 90.823 unit, turun sebesar 43% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 159.431 unit.

Sehingga persentase penurunan Daihatsu masih lebih baik dibandingkan pasar, yang berarti pangsa pasar (market share) Daihatsu mengalami kenaikan 0,9 poin persen menjadi 17,8%, dibandingkan periode yang sama tahun lalu 16,9% dan bertahan di posisi nomor 2 pada penjualan otomotif nasional hingga November 2020.

Sedangkan secara bulanan, penjualan Daihatsu pada November mencapai 9.200 unit, atau mengalami peningkatan sekitar 13,1% dibandingkan pada Oktober lalu sejumlah 8.135 unit.

Dalam hal kontribusi model, secara kumuluatif penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan ini didominasi oleh tiga kontributor utama, yakni Astra Daihatsu Sigra dengan capaian sebesar 24.021 unit, atau menyumbang kontribusi sebesar 26%, diikuti oleh Gran Max Pick-Up 21.699 unit (24%), dan Terios 13.189 unit (15%).

Sementara itu, penjualan ritel Daihatsu pada bulan November 2020 didukung oleh Gran Max Pick-Up sebanyak 2.641 unit (28,4%), disusul Sigra sebanyak 2.321 unit (25,2%) dan Terios 1.298 unit (14,1%).

Secara nasional, penjualan rata-rata unit Daihatsu mengalami penurunan 51% dibandingkan antara saat sebelum pandemi (Januari – Februari) dengan saat pandemi (Maret – November). Terdapat dua area yang mengalami penurunan lebih dalam daripada rata-rata nasional, seperti area DKI2 (mencakup Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan kota sekitarnya di Jawa Barat) sebesar 55%, dan Bali sebesar 70%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper