Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vitesco Pasok Modul Aktuator Transmisi Listrik ke Renault

Vitesco memasok modul aktuator listrik pengontrol pergantian gigi pada transmisi otomatis ke Renault. Dengan perangkat ini, kendaraan hibrida lebih menarik bagi pengguna akhir dan dan minim emisi CO2.
Renault telah mengintegrasikan modul aktuator dalam platform E-Tech-nya, yang digunakan misalnya di Clio, tetapi juga di Mgane, Arkana, atau Captur. /Vitesco
Renault telah mengintegrasikan modul aktuator dalam platform E-Tech-nya, yang digunakan misalnya di Clio, tetapi juga di Mgane, Arkana, atau Captur. /Vitesco

Bisnis.com, JAKARTA - Vitesco memasok modul aktuator listrik pengontrol pergantian gigi pada transmisi otomatis ke Renault. Dengan perangkat ini, kendaraan hibrida lebih menarik bagi pengguna akhir dan dan minim emisi CO2.

Elektrifikasi sistem penggerak adalah pelopor teknologi terpenting untuk mobilitas bersih, bebas emisi lokal, dan sangat efisien. Selain kendaraan listrik bertenaga baterai, elektrifikasi juga dimungkinkan dalam bentuk hibrida.

Dalam rangkaian penggerak hibrida, sistem penggerak elektrik bekerja dalam tim yang erat bersama dengan mesin pembakaran, menawarkan manfaat global utama dalam mengurangi emisi armada CO2 dari sebuah pabrik.

Mirip dengan full hybrid baru dari Renault, di mana modul aktuator listrik dari Vitesco Technologies kini mengontrol pergantian gigi pada transmisi otomatis. Renault telah mengintegrasikan modul aktuator dalam platform E-Tech-nya untuk model Clio, Megane, Arkana, dan Captur.

Untuk Vitesco Technologies, produsen internasional terkemuka untuk teknologi penggerak modern dan solusi elektrifikasi, ini berarti menerapkan teknologi baru pada tingkat produksi seri besar: transmisi otomatis untuk hibrida penuh Clio E-Tech adalah transmisi hibrida khusus pertama yang digunakan oleh Renault di Eropa.

Dengan bentuk elektrifikasi baru ini, penyederhanaan yang cukup besar dari komponen mekanis dalam transmisi berarti dimungkinkan untuk menawarkan hibrida penuh pada tingkat harga kendaraan diesel dengan transmisi otomatis.

Hasilnya, modul aktuator untuk elektrifikasi transmisi membantu membuat kendaraan hibrida lebih menarik bagi pembeli dan memungkinkan pemanfaatan yang lebih baik dari penghematan CO2 dari teknologi hibrida. Pesanan tersebut mencakup jumlah tiga digit juta Euro sepanjang masa.

"Mobilitas yang makin minim CO2 harus terjangkau sebelum diluncurkan. Elektrifikasi dalam transmisi dapat memainkan peran kunci di sini," jelas Wolfgang Breuer, Wakil Presiden Eksekutif unit bisnis Kontrol Elektronik di Vitesco Technologies, Selasa (15/12/2020).

"Kami mempromosikan metode baru penerapan elektrifikasi ini sejak awal dan sebagai pemasok seri berpengalaman, kami sekarang dapat memulai produksi dalam skala industri. Pesanan yang dilakukan oleh Renault semakin memperkuat posisi kami di pasar penggerak hibrida."

Solusi Mekatronika untuk Pasar Hibrida

Vitesco Technologies telah berhasil mengembangkan elektronik untuk transmisi otomatis selama beberapa dekade. Perusahaan ini memimpin posisi global dalam pembuatan unit kontrol transmisi. Modul aktuator baru adalah hasil dari kompetensi luas di bidang teknologi kontrol, keahlian di bidang aktuator, dan pengetahuan elektrifikasi. Dua motor listrik yang menghasilkan daya 100 W memulai perpindahan gigi.

Transmisi hibrida khusus di Clio E-Tech tidak dilengkapi dengan kopling gesekan sehingga perpindahan gigi dimulai melalui kopling cakar, yang mengurangi kehilangan gesekan dan selanjutnya meningkatkan efisiensi penggerak sekaligus mengurangi ruang pemasangan yang diperlukan. Sebagai hasilnya, pemasangan transversal depan juga dapat dilakukan pada kendaraan yang lebih kompak.

Modul ini menggunakan motor arus searah yang lebih hemat biaya, beratnya kurang dari 1 kg, dan karenanya menetapkan tolok ukur utama di pasar baru ini.

"Beberapa tahun yang lalu, hal seperti ini secara teknis tidak akan pernah mungkin," jelas Stephan Rebhan, Wakil Presiden Eksekutif Teknologi & Inovasi di Vitesco Technologies. "Baru sekarang teknologi kontrolnya cukup kuat untuk menerapkan konsep kopling cakar semacam ini. Oleh karena itu, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan industrialisasi atas perkembangan lama kami."

Saat cakar diaktifkan, kedua motor listrik dalam modul aktuator bekerja dengan kecepatan dan presisi sedemikian rupa sehingga pengemudi tidak memperhatikan tidak adanya kopling gesekan karena perpindahan gigi kurang dari 150 milidetik. "Efek karet gelang, di mana perpindahan gigi terasa sangat lambat di belakang permintaan dari pedal akselerator, tidak terjadi di sini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper