Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Akhir Tahun, Sejumlah Model Mobil Bekas Ini Bakal Diburu Pembeli

Kendati pemerintah memangkas libur Natal dan Tahun Baru yang semula 11 hari menjadi 8 hari dengan 28-30 dinyatakan sebagai hari kerja, penjualan mobil bekas pada akhir tahun 2020 diprediksi dapat membaik.
Pedagang mobil bekas menunggu calon pembeli di WTC Mangga Dua, Jakarta, Jumat (9/8/2019). - ANTARA
Pedagang mobil bekas menunggu calon pembeli di WTC Mangga Dua, Jakarta, Jumat (9/8/2019). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kendati pemerintah memangkas libur Natal dan Tahun Baru yang semula 11 hari menjadi 8 hari dengan 28-30 dinyatakan sebagai hari kerja, penjualan mobil bekas pada akhir tahun 2020 diprediksi dapat membaik. Sederet model akan menjadi buruan.

Senior Marketing Manager Penjualan Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan bahwa pemangkasan libur akhir tahun tidak mengganggu penjualan mobil bekas. Sebaliknya, libur akhir tahun yang dipotong itu menjadi harapan bagi penjualan mobil bekas karena konsumen kemungkinan akan berlibur dalam jarak dekat (short trip) menggunakan mobil.

"Justru itu harapannya, karena liburnya dipotong, ada kemungkinan orang-orang butuh kendaraan pribadi untuk short-trip saja. Liburan singkat naik mobil sama keluarga kan asyik tuh. Harapannya ada yang tukar tambah atau upgrade mobilnya, misalnya dari city car ke MPV bekas," kata Herjanto Kosasih seperti dikutip, Jumat (4/12/2020).

Ia justru memprediksi adanya kenaikan penjualan mobil bekas pada akhir tahun di WTC Mangga Dua, berbekal penjualan positif pada November 2020. Jika rata-rata penjualan mereka 1.000 uni per bulan saat pandemi Covid-19, pada November mereka mencetak penjualan 1.800 unit. "Harapannya bisa tembus 2.000 unit untuk akhir tahun," kata Herjanto.

Ia mengatakan jenis mobil yang akan banyak dicari pada akhir tahun adalah low MPV karena kapasitasnya yang besar dan harga yang tidak terlalu tinggi. Ia mengatakan model-model populer seperti Avanza, Xenia dan Xpander merupakan jenis mobil yang banyak dicari.

"Ya sesuai fungsinya di musim liburan. Untuk jalan-jalan enaknya pakai mobil yang muat banyak, bisa kunjungi keluarga, ajak keluarga juga," kata Herjanto.

Selain itu, minimnya peluncuran mobil baru menjadi berkah tersendiri bagi mereka karena konsumen punya opsi untuk melirik mobil bekas. "Buat mereka yang mau upgrade mobil, opsinya ini. Toh tidak ada peluncuran mobil baru, jadi peluang mobil bekas dilirik," tutup Herjanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper