Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biar Gak Tekor, Ini Cara Menghemat BBM di Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti saat ini, kebutuhan sehari-hari harus tetap dipenuhi. Ini termasuk kebutuhan akan BBM untuk transportasi.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 11 November 2020  |  14:29 WIB
Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU milik Pertamina di Sumsel. istimewa
Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU milik Pertamina di Sumsel. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Cara menghemat BBM penting dipahami dengan baik untuk menekan pengeluaran dan mendapatkan manfaat lainnya, khususnya di masa pandemi seperti ini.

Di masa pandemi seperti saat ini, kebutuhan sehari-hari harus tetap dipenuhi. Ini termasuk kebutuhan akan BBM untuk transportasi.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Rabu (11/11/2020), penggunaan kendaraan yang tidak baik juga dapat menjadi penyebab cepatnya bahan bakar habis.

Selain itu, perawatan kendaraan juga mempengaruhi keiritan bahan bakar dan kondisi mesin pada alat transportasi anda. Berikut adalah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghematnya :

1. Cara Menghemat BBM Berdasarkan Cara Pengisiannya

Cara awal yang efektif untuk cara menghemat BBM pada kendaraan adalah memperhatikan saat mengisi bahan bakar di pom bensin. Tips ini perlu dicoba melihat beberapa pengalaman orang yang sering mengeluhkan banyak hal setelah melakukan pengisian di SPBU.

  • Perhatikan Saat Mengisi Bensin di SPBU

Isilah bahan bakar di SPBU saat masih pagi hari. Selain antrian yang masih longgar, hal itu karena tangki penyimpanan SPBU yang berada di bawah tanah masih dalam kondisi dingin, sehingga BBM yang diisikan akan lebih kental dan terisi banyak.

Sebaiknya, segera isi saat masih setengah penuh agar tidak merusak mesin kendaraan. Bahan bakar yang masih ada tidak akan membuat BBM cepat menguap dan tak cepat berkurang jumlahnya.

Hal penting selanjutnya yaitu perhatikan petugas SPBU. Kebiasaan petugas biasanya mempengaruhi jumlah isi bahan bakar yang diisikan.

Mintalah petugas untuk tidak menekan tuas selang karena dapat mengubah jumlah takaran BBM yang diisi menjadi lebih sedikit tetapi nominal harganya lebih mahal.

  • Memilih BBM dengan Oktan yang Tinggi

Meskipun harganya lebih mahal, jenis BBM oktan tinggi lebih sempurna dalam proses pembakaran dan akan mengonsumsi bahan yang lebih sedikit daripada jenis BBM oktan rendah.

Harga memang menunjukkan kualitas, jadi tidak ada salahnya memilih yang lebih bagus untuk kondisi kendaraan anda.

2. Menghemat BBM Berdasarkan Cara Mengemudi

Cara menghemat BBM juga dapat dilihat dari cara anda menggunakan kendaraan. Mengemudi dengan benar dapat menekan penggunaan bahan bakar kendaraan. Lalu, bagaimana saja tipsnya?

  • Tidak Berkendara Saat Jam Sibuk

Hindari kemacetan dan jam-jam sibuk saat akan berkendara. Lebih baik berangkat lebih awal untuk menjauhi penumpukan kendaraan di jalan raya. Selain menambah waktu, bahan bakar akan terbuang karena mesin yang menyala selama macet di jalan.

  • Mengatur Kecepatan Secara Bertahap

Kecepatan tinggi dapat menyebabkan perputaran mesin yang tinggi dan menghabiskan banyak bensin.

Kecepatan terlalu rendah juga butuh menginjak pedal lebih dalam untuk menambah kecepatan dan konsumsi bahan bakar juga lebih besar.

  • Menggunakan Gigi yang Tepat

Penggunaan gigi tinggi saat jalan menanjak dapat menguras bahan bakar lebih banyak, begitu juga menggunakan gigi rendah secara terus menerus saat jalanan normal.

  • Mematikan AC dan Peralatan Elektronik Sebelum Mematikan Mesin Kendaraan

Penggunaan bahan bakar kendaraan otomatis berjalan selama AC mobil dinyalakan. Sebaiknya tidak menyalakan AC ketika udara sedang sejuk untuk menghemat bahan bakar.

Namun, jika dalam perjalanan jauh dan memerlukan kecepatan tinggi, maka boleh saja tetap menggunakan AC. Yang penting, sebelum mesin kendaraan dimatikan, AC dan peralatan elektronik juga dimatikan demi menjaga kondisi mesin kendaraan.

3. Menghemat BBM Berdasarkan Perawatan dan Kondisi Kendaraan

Perawatan kendaraan harus rutin dilakukan untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima. Servis juga penting dilakukan karena akan mempengaruhi sistem pembakaran dan keadaan mesin kendaraan tersebut nantinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil BBM Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top