Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biden Menang Pilpres AS, Mobil Listrik Dapat Angin Segar dari Lima Penjuru

Kemenangan Joe Biden atas Donald Trump dalam kontestasi Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) telah membawa angin segar bagi perkembangan mobil terelektrifikasi. Bahkan, area otomotif merupakan area paling dapat berubah jika Biden menang.
CEO Volkswagen AG Herbert Diess dan CEO Tesla Motors berswafoto dalam pertemuan keduanya, Kamis (3/9/2020) di Jerman. /LinkedIn Herbert Diess.
CEO Volkswagen AG Herbert Diess dan CEO Tesla Motors berswafoto dalam pertemuan keduanya, Kamis (3/9/2020) di Jerman. /LinkedIn Herbert Diess.

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenangan Joe Biden atas Donald Trump dalam kontestasi Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) telah membawa angin segar bagi perkembangan mobil terelektrifikasi. Bahkan, area otomotif merupakan area paling dapat berubah jika Biden menang.

Hal ini tampak dari kebijakan Presiden Trump terdahulu dan janji kampanye Biden yang tertuang dalam platform kebijakannya, terutama menyangkut komitmen terhadap lingkungan.

Seperti dikutip cars.com, Minggu (8/11/2020), Administrasi Trump dipandang mewakili beberapa kemunduran paling signifikan dari program dan peraturan lingkungan sejak Presiden Nixon dan pendirian Badan Perlindungan Lingkungan pada 1970.

Trump tanpa malu-malu telah keluar dari perjanjian iklim internasional, membalikkan kebijakan era Obama dan secara pribadi, menurut laporan, memblokir upaya untuk memperpanjang kredit pajak kendaraan listrik pada Maret.

"Sebagai masalah kebijakan kami, kami ingin mengakhiri semua subsidi itu," kata Penasihat Ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow pada saat itu seperti dilansir Reuters. "Dan omong-omong, subsidi lain yang diberlakukan selama pemerintahan Obama, kita akhiri, entah itu untuk energi terbarukan dan sebagainya."

Sementara itu, melihat platform Sang Penantang Trump, Biden jauh lebih ramah lingkungan. Pada halaman Plan for Climate Change-nya, dinyatakan bahwa, "Wakil Presiden Biden telah berkomitmen bahwa Biden untuk Presiden tidak akan menerima kontribusi dari perusahaan atau eksekutif minyak, gas, dan batu bara. Dan, menuntut larangan di seluruh dunia tentang subsidi bahan bakar fosil."

Janji itu penting dan sangat kontras dengan kampanye Trump.

Menganggap perubahan iklim sebagai "kebijakan keamanan nasional inti," ia menargetkan ekonomi energi bersih 100% dan emisi nol-bersih paling lambat 2050. Kebijakan yang diusulkan untuk mencapai tujuan ini mencakup banyak hal yang terkait dengan dunia otomotif, dan khususnya EV, mulai dari mobil itu sendiri hingga daya yang digunakan untuk mengisi bahan bakar.

Berikut pernyataan dari platform Biden yang merupakan angin segar dari lima penjuru bagi dunia mobil listrik :

Insentif konsumen:

  • “Biden akan mengembalikan kredit pajak kendaraan listrik sepenuhnya untuk memberi insentif pada pembelian kendaraan ini. Dia akan memastikan kredit pajak dirancang untuk menargetkan konsumen kelas menengah dan, sejauh mungkin, untuk memprioritaskan pembelian kendaraan yang dibuat di Amerika." Mengutip proposal Mobil Bersih untuk Amerika yang dirancang oleh Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer dan beberapa rekan Demokrat, materi kampanye Biden menyatakan bahwa “Biden akan membangun kepemimpinan mereka dengan memberikan potongan harga kepada konsumen untuk menukar kendaraan lama yang kurang efisien dengan kendaraan Amerika yang lebih baru yang dibuat dari bahan material dan bagian-bagiannya bersumber di Amerika Serikat, ”program Cash for Clunkers zaman akhir.

Membeli secara langsung:

  • "Biden akan membuat komitmen federal utama untuk membeli kendaraan bersih untuk armada federal, negara bagian, suku, pos, dan lokal." Di tempat lain, kampanye berkomitmen untuk "membeli puluhan miliar dolar kendaraan dan produk bersih untuk mendukung perluasan kapasitas pembangkit energi bersih, memastikan kita berada di garis depan pasar ekspor energi bersih di masa depan."

Mengisi infrastruktur:

  • "Sebagai presiden, Biden akan bekerja dengan gubernur dan walikota negara kita untuk mendukung penyebaran lebih dari 500.000 outlet pengisian publik baru pada akhir tahun 2030." Ada 88.310 di 27.155 stasiun umum pada tulisan ini, menurut Departemen Energi.

Energi yang lebih bersih:

  • “Biden juga akan mengubah sumber energi yang menggerakkan sektor transportasi, sehingga memudahkan mobilitas untuk ditenagai oleh listrik dan bahan bakar bersih, termasuk kereta komuter, bus sekolah dan transit, feri, dan kendaraan penumpang.”

Insentif manufaktur:

  • “Hibah dan pendanaan khusus untuk membantu produsen memperlengkapi kembali dan membangun pabrik baru akan membantu memastikan kepemimpinan global AS dalam manufaktur kendaraan listrik, termasuk komponen EV dan baterai. Biden akan mengumumkan detail tambahan tentang rencananya untuk mendukung pekerjaan otomotif dalam beberapa minggu mendatang. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper