Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Caplok UD Trucks, Isuzu Gandeng Volvo Bentuk Aliansi

Isuzu Motors dan Grup Volvo hari ini Jumat (30/10/2020) menandatangani perjanjian aliansi strategis dalam kendaraan komersial untuk menangkap peluang dalam transformasi industri, sesuai dengan Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada Desember 2019.
Masanori Katayama, President and Representative Director of Isuzu Motors Limited; dan Martin Lundstedt, President and CEO of the Volvo Group. /Volvo Group
Masanori Katayama, President and Representative Director of Isuzu Motors Limited; dan Martin Lundstedt, President and CEO of the Volvo Group. /Volvo Group

Bisnis.com, JAKARTA - Isuzu Motors dan Grup Volvo hari ini Jumat (30/10/2020) menandatangani perjanjian aliansi strategis dalam kendaraan komersial untuk menangkap peluang dalam transformasi industri, sesuai dengan nota kesepahaman yang ditandatangani pada Desember 2019.

Perjanjian tersebut termasuk akuisisi Isuzu Motor atas UD Trucks dari Volvo Group senilai JPY 243 miliar (sekitar SEK 20 miliar). Transaksi tersebut tunduk pada kondisi tertentu, termasuk persetujuan dari otoritas regulasi.

"Saya memiliki ekspektasi tinggi pada aliansi strategis ini, yang akan membuat Volvo dan Isuzu Motors semakin kompetitif di pasar dan segmen masing-masing. Ini merupakan kesempatan untuk berbagi investasi teknologi dan saling membantu tumbuh," kata Martin Lundstedt, Presiden dan CEO dari Grup Volvo.

Dia yakin UD Trucks akan menjadi jembatan antara Volvo Group dan Isuzu Motors dan bahwa aliansi strategis akan menciptakan kondisi untuk terus mengembangkan UD Trucks ke level baru di dalam Isuzu Motors.

Dia menyatakan Grup Volvo akan terus mendukung UD Trucks, dan berpartisipasi di pasar Asia melalui aliansi ini.

Masanori Katayama, Presiden dan Direktur Perwakilan Isuzu Motors Limited, mengatakan situasi Covid-19 yang sulit membuat aliansi strategis semakin berharga untuk membangun hubungan yang solid dan saling percaya antara Isuzu dan Volvo Group.

"Kemitraan jangka panjang ini akan menjangkau seluruh produk, teknologi dan wilayah, dan secara aktif berkontribusi pada peningkatan layanan dan memperkuat kepuasan pelanggan serta mendukung industri logistik."

Menurutnya, UD Trucks yang bergabung dengan Grup Isuzu akan berperan dalam aliansi strategis. Harga pembelian UD Trucks yang disepakati secara tunai adalah JPY 243 miliar (sekitar SEK 20 miliar). Penyelesaiannya diharapkan pada paruh pertama 2021.

Aliansi antara Isuzu dan Volvo dibangun untuk hubungan jangka panjang dan kuat yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada:

Pertama, membentuk kemitraan teknologi, dimaksudkan untuk memanfaatkan bidang keahlian yang saling melengkapi dari kedua pihak dalam teknologi terkenal dan baru serta menciptakan basis volume yang lebih besar untuk mendukung investasi untuk teknologi kelas dunia. Kemitraan teknologi meliputi:

- Pengembangan bersama oleh Isuzu Motors dan UD Trucks pada platform umum untuk model truk tugas berat menengah untuk pasar Jepang dan Asia lainnya, antara lain memanfaatkan teknologi Grup Volvo.

- Kerja sama yang dimaksudkan terkait dengan teknologi baru seperti mengemudi otonom, konektivitas, dan kendaraan listrik tugas menengah dan berat.

Kedua, menciptakan kondisi jangka panjang terbaik untuk bisnis truk tugas berat yang lebih kuat untuk Isuzu Motors dan UD Trucks di Jepang dan di seluruh pasar internasional dengan mengalihkan kepemilikan bisnis UD Trucks sepenuhnya dari Grup Volvo ke Isuzu Motors. Ini akan mempercepat pertumbuhan dengan memanfaatkan volume yang lebih besar dan kemampuan pelengkap, menciptakan sinergi signifikan untuk Isuzu Motors.

- Sebagai langkah awal, Isuzu Motors dan UD Trucks sedang membahas syarat pasokan varian truk tertentu dari UD Trucks ke Isuzu Motors mulai tahun 2022 dan seterusnya.

- Untuk memastikan kelancaran bisnis yang berkelanjutan, Grup Volvo akan menyediakan layanan transisi ke UD Trucks, dan juga memasok komponen ke UD Trucks.

Ketiga, mengembangkan peluang lebih lanjut untuk kolaborasi yang lebih luas dan lebih dalam dalam bisnis kendaraan komersial di seluruh wilayah geografis dan lini produk untuk solusi logistik perkotaan di masa depan. Isuzu Motors adalah salah satu pemimpin dunia di segmen truk ringan dan menengah 3,5 hingga 15 ton dengan volume 252.000 unit pada 2019.

Keempat, mengembangkan kerja sama di bidang pembelian dan logistik, memanfaatkan teknologi umum, serta komplementaritas jejak geografis dan perluasan volume.

Isuzu Motors dan Grup Volvo akan mendirikan Kantor Aliansi Bersama, dengan fasilitas di Jepang dan Swedia, yang akan diawasi oleh Dewan Aliansi yang terdiri dari Presiden Isuzu Motors, CEO Volvo Group, dan eksekutif utama lainnya dari kedua grup tersebut.

Ada saling melengkapi yang besar antara Isuzu Motors dan Grup Volvo baik dari perspektif geografis dan lini produk. Kedua perusahaan telah menandatangani Perjanjian Kerangka Kerja Aliansi selama minimal 20 tahun, untuk mengambil kemungkinan dan tantangan industri logistik di masa depan, memaksimalkan nilai dan manfaat bagi pelanggan serta masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper