Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Smartphone dan Layar Sentuh Bahayakan Mengemudi? Ini Pendapat Volvo Cars

Munculnya smartphone dan layar sentuh di dalam mobil telah memicu perdebatan seputar bahaya gangguan di belakang kemudi. Apa pendapat parak Volvo Cars?
Sistem baru ini menawarkan integrasi penuh dari Android Automotive OS, platform Android open-source Google, dengan pembaruan waktu nyata ke layanan seperti Google Maps, Asisten Google, dan aplikasi otomotif yang dibuat oleh komunitas pengembang global. /Volvo cars
Sistem baru ini menawarkan integrasi penuh dari Android Automotive OS, platform Android open-source Google, dengan pembaruan waktu nyata ke layanan seperti Google Maps, Asisten Google, dan aplikasi otomotif yang dibuat oleh komunitas pengembang global. /Volvo cars

Bisnis.com, JAKARTA - Munculnya smartphone dan layar sentuh di dalam mobil telah memicu perdebatan seputar bahaya gangguan di belakang kemudi. Namun, pakar keamanan Volvo Cars mengatakan gangguan adalah fakta kehidupan, dan teknologi harus digunakan untuk mendukung perjalanan sehari-hari.

Penelitian keselamatan dan ilmu perilaku perusahaan sendiri menunjukkan bahwa jika digunakan dengan benar, teknologi modern di dalam mobil dapat secara aktif mengurangi gangguan, meningkatkan keselamatan jalan, dan membantu orang menjadi pengemudi yang lebih baik dan lebih fokus.

“Mudah untuk berpikir bahwa ponsel dan layar adalah satu-satunya momok bagi pengemudi modern, tetapi kehidupan secara keseluruhan mengganggu,” kata Malin Ekholm, kepala Pusat Keamanan Mobil Volvo, seperti dikutip dari siaran pers perusahaan, Minggu (18/10/2020).

“Kami tahu orang tidak terganggu dengan sengaja, tapi itu terjadi. Anda bisa terlambat ke tempat penitipan anak dan agak stres. Atau Anda berada di belakang kemudi setelah hari yang buruk di tempat kerja. Semua ini memengaruhi Anda sebagai pengemudi. ”

Malin Ekholm membuat ini dan pernyataan lainnya selama siaran web khusus yang diselenggarakan Volvo seputar keselamatan pekan ini. Selama Volvo Studio Talk pertama ini, yang dapat dilihat sesuai permintaan di SINI, dia dan pendukung keselamatan lainnya membahas gangguan dan beberapa masalah keselamatan jalan yang mendesak lainnya.

Beberapa orang mengatakan bahwa dari sudut pandang gangguan, mobil dari tahun 1940-an lebih aman daripada mobil masa kini - lagipula, tidak ada layar, konektivitas telepon, atau bahkan radio. Akan tetapi, bukan itu cara pengemudi dan masyarakat saat ini beroperasi.

“Kenyataannya adalah bahwa orang ingin terlibat dengan teman, keluarga, pekerjaan dan hiburan, dan setiap orang merespons gangguan secara berbeda,” kata Malin Ekholm. “Jadi kami ingin bertemu pelanggan kami di mana mereka berada, bukan di tempat yang kami inginkan. Itulah mengapa fokus kami adalah menggunakan teknologi dengan cara yang benar, sehingga kami dapat menggunakannya untuk membantu Anda tetap aman di belakang kemudi. ”

Volvo Cars secara aktif menggunakan teknologi untuk memerangi bahaya gangguan dan membuat beberapa mobil teraman di jalan. Misalnya, sistem keamanan aktifnya dengan autobrake dan bantuan kemudi dirancang untuk berjaga-jaga guna membantu pengemudi jika mereka kehilangan konsentrasi atau terganggu selama sepersekian detik.

Di dalam kabin XC40 Recharge yang baru, kontrol suara canggih pada sistem infotainment baru Volvo Cars yang diberdayakan Android memungkinkan pengemudi untuk mengontrol suhu, menetapkan tujuan, memutar musik dan podcast favorit mereka, atau menelepon ibu mereka pada hari ulang tahunnya - selama itu tetap memegang kemudi.

“Mampu mengontrol fitur-fitur utama pada Volvo Anda dengan suara memungkinkan Anda untuk tetap memegang kemudi dan mata Anda tetap tertuju pada jalan,” kata Malin Ekholm. "Sistem keamanan aktif seperti Keamanan Kota, Mitigasi Limpasan Jalan, dan Mitigasi Jalur Mendatang dengan bantuan kemudi dapat bertindak sebagai sepasang mata ekstra yang mengawasi Anda."

Volvo Cars percaya bahwa gangguan juga harus diatasi melalui kamera dalam mobil dan sensor lain yang memantau pengemudi. Dengan teknologi seperti itu, jika pengemudi yang jelas-jelas terganggu (atau mabuk) tidak menanggapi sinyal peringatan dan berisiko menimbulkan kecelakaan serius yang berpotensi mematikan, mobil dapat mengintervensi.

Intervensi tersebut dapat mencakup pembatasan kecepatan mobil, memperingatkan layanan bantuan Volvo on Call dan, sebagai upaya terakhir, secara aktif memperlambat dan memarkir mobil dengan aman. Volvo Cars berencana untuk mulai memperkenalkan kamera ini pada generasi berikutnya dari platform kendaraan SPA2 Volvo yang dapat diskalakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper