Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volvo Cars Tunjuk Odgard Andersson CEO Zenseact

Volvo Cars menunjuk Odgard Andersson sebagai kepala eksekutif baru perusahaan pengembangan perangkat lunak penggerak otonom, Zenseact. Ia menggantikan Dennis Nobelius yang menjadi chief operating officer di Polestar.
Odgrd Andersson akan menduduki jabatannya sebagai CEO Zenseact mulai 1 Oktober 2020. /Volvo Cars,
Odgrd Andersson akan menduduki jabatannya sebagai CEO Zenseact mulai 1 Oktober 2020. /Volvo Cars,

Bisnis.com, JAKARTA - Volvo Cars menunjuk Odgard Andersson sebagai kepala eksekutif baru perusahaan pengembangan perangkat lunak penggerak otonom, Zenseact. Ia menggantikan Dennis Nobelius yang menjadi chief operating officer di Polestar.

Penunjukan Odgard Andersson, yang saat ini menjabat sebagai chief digital officer di Volvo Cars, akan berlaku mulai 1 November. Zenseact baru-baru ini dibentuk sebagai entitas baru yang sepenuhnya dimiliki oleh Volvo Cars, menyusul pemisahan perusahaan patungan Volvo Cars dengan Veoneer.

Zenseact akan fokus pada pengembangan AD dan perangkat lunak keamanan aktif. Ini mempekerjakan sekitar 600 orang dan memiliki kantor di Gothenburg, Swedia dan Shanghai, China.

Sebelum perannya sebagai chief digital officer, Odgard Andersson bertanggung jawab atas pengembangan perangkat lunak di Volvo Cars, termasuk penggerak otonom. Latar belakang ini menjadikannya kandidat yang tepat untuk memimpin fase pengembangan Zenseact berikutnya.

“Penggerak otonom adalah tantangan teknik abad ini dan kami menghadapinya secara langsung,” kata Odgard Andersson seperti dikutip dari keterangan pers Volvo Cars, Minggu (18/10/2020).

Menurutnya, bergabung dengan Zenseact saat ini adalah hal yang menyenangkan karena perusahaan mempercepat pengembangan dan bersiap untuk menghadirkan perangkat lunak yang akan memungkinkan mobil pertama mengemudi sendiri dengan aman dalam beberapa tahun.

Pengiriman pertama Zenseact adalah teknologi untuk arsitektur modular generasi berikutnya dari Volvo Cars, SPA 2, termasuk Highway Pilot, fungsi penggerak otonom tanpa pengawasan untuk jalan raya.

Selain penunjukan Odgard Andersson, Volvo Cars juga telah mengubah komposisi dewan direksi Zenseact. Itu telah menunjuk Hakan Samuelsson, Kepala Eksekutif Volvo Cars, sebagai Ketua Dewan yang baru. Kedua penunjukan tersebut menggarisbawahi pentingnya Volvo Cars pada pengembangan teknologi AD yang aman.

“Volvo Cars percaya bahwa penggerak otonom akan merevolusi keselamatan di jalan raya dan kami berkomitmen untuk memperkenalkan teknologi tersebut pada mobil generasi berikutnya,” kata Håkan Samuelsson.

Sehubungan dengan peran baru Odgard Andersson, Henrik Green akan menjadi chief digital officer sementara, selain tanggung jawabnya sebagai kepala petugas teknologi dan kepala area bisnis Penciptaan Produk, sementara perekrutan untuk penggantian Odgard Andersson sedang berlangsung.

Volvo Cars Tunjuk Odgard Andersson CEO Zenseact

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper