Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Radiator Sarang Lebah, Kunci Performa Mesin Mobil Sejak 120 Tahun Lalu

Pendinginan yang efektif dari mesin pembakaran merupakan prasyarat untuk menghasilkan output mesin yang bertenaga. Perancang kendaraan Wilhelm Maybach adalah orang pertama yang menunjukkan fakta ini 120 tahun lalu.
Radiator sarang lebih diikuti oleh radiator vertikal dan runcing, juga fitur desain yang menentukan selama beberapa dekade. /Daimler
Radiator sarang lebih diikuti oleh radiator vertikal dan runcing, juga fitur desain yang menentukan selama beberapa dekade. /Daimler

Bisnis.com, JAKARTA - Pendinginan yang efektif dari mesin pembakaran merupakan prasyarat untuk menghasilkan output mesin yang bertenaga. Perancang kendaraan Wilhelm Maybach adalah orang pertama yang menunjukkan fakta ini 120 tahun lalu.

Pada 20 September 1900, dia mengeluarkan paten untuk desain radiator sarang lebah ini. Cara bekerjanya : saat mobil bergerak, aliran udara dipaksa melalui banyak tabung yang dipasang berdampingan, mirip dengan sarang lebah jika dilihat dari depan, yang mendinginkan secara efisien air - yang telah dipanaskan oleh aksi pembakaran di mesin - saat melewati radiator.

Sistem ini dibangun sebagai radiator vertikal yang menonjol dan memulai debutnya di Mercedes 35 hp pada 1900. Bentuk mengikuti fungsi - sehingga radiator berperforma tinggi menjadi karakteristik sentral dari mobil modern.

Uniknya, penukar panas khas di bagian depan kendaraan menjadi elemen gaya yang menentukan bagi pabrikan mobil Stuttgart selama beberapa dekade, dan gril depan tetap seperti itu hingga hari ini.

Radiator Sarang Lebah, Kunci Performa Mesin Mobil Sejak 120 Tahun Lalu

Latar Belakang

Perlu diketahui, kendaraan pertama setelah penemuan mobil oleh Carl Benz pada 1886 tidak memiliki sirkuit pendingin yang tertutup. Sebaliknya, air pendingin yang dipanaskan oleh mesin justru menguap.

Mengisi ulang pasokan air adalah bagian dari pengalaman berkendara - tetapi, seiring dengan meningkatnya tenaga mesin, sistem tersebut bukan lagi solusi praktis.

Menerima Tantangan

Wilhelm Maybach (1846-1929) adalah perancang mobil pertama yang mengembangkan solusi, dan dengan cepat, pada saat itu. Pada awal 1897, insinyur yang banyak akal itu, bersama dengan Gottlieb Daimler, memperkenalkan radiator berbasis tabung.

Maybach sendiri menggambarkannya sebagai "peralatan untuk mendinginkan air yang mengalir di sekitar silinder mesin pembakaran internal, terdiri dari bejana datar yang dilalui oleh sejumlah besar tabung, di mana aliran udara yang dihasilkan oleh perangkat ventilasi yang sesuai terus mengalir melalui tabung dan mengekstrak panas dari air pendingin.

Tabung tersebut terbuat dari kuningan karena paduan tembaga dan seng tersebut memiliki daya hantar panas yang sangat baik. Sistem pendingin baru pertama kali digunakan pada September 1898 pada kendaraan jalan raya pertama di dunia dengan mesin empat silinder: mesin kereta tanpa kuda "Phoenix" awalnya dikembangkan 5,8 kW (8 hp) dari mesin 2,1 liter.

Terobosan

Radiator Sarang Lebah, Kunci Performa Mesin Mobil Sejak 120 Tahun Lalu

Pada 20 September 1900, Maybach mengajukan paten untuk desain radiator sarang lebah sebagai "perangkat pendingin dan kondensasi berdasarkan prinsip aliran silang".

Sejak 8 Agustus 1901, German Reich Patent (DRP) nomor 122 766 mulai berlaku untuk melindungi penemuan, yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari radiator berbasis tabung.

Wilhelm Maybach memiliki radiator tipe baru yang disolder, terdiri dari 8.070 tabung persegi berukuran penampang enam kali enam milimeter. Area permukaan bagian dalam yang meningkat dari tabung persegi dibandingkan dengan tabung bundar, dikombinasikan dengan celah yang lebih kecil di antara masing-masing tabung, meningkatkan efek pendinginan secara signifikan dan memungkinkan kinerja mesin yang jauh lebih tinggi.

Lebih Efisien

Dibandingkan dengan gerbong tanpa kuda Phoenix dari 1898, konsumsi air pada mesin Mercedes baru 26 kW (35 hp) dari 1900 berkurang setengahnya, dari 18 liter menjadi 9 liter per 100 kilometer. Dengan kata lain: untuk setiap tenaga kuda, daripada membutuhkan 2,25 liter air untuk tujuan pendinginan, hanya dibutuhkan 0,26 liter untuk jarak tersebut.

Kipas kecil yang terletak di belakang radiator juga meningkatkan efek pendinginan pada kecepatan rendah. Dengan cara ini, radiator berkinerja tinggi yang baru menyelesaikan masalah pendinginan mobil secara permanen - hingga hari ini, radiator kendaraan didasarkan pada prinsip yang persis sama.

Première

Radiator Sarang Lebah, Kunci Performa Mesin Mobil Sejak 120 Tahun Lalu

Radiator sarang lebah menemukan aplikasi praktis pertamanya pada Mercedes 35 hp, mobil berperforma tinggi baru yang diproduksi oleh Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG).

Majalah Werkbank mengangkat tema Mobil Modern Pertama, dengan fokus pada radiator berperforma tinggi sebagai penemuan penting yang memungkinkan performa mesin lebih tinggi.

Setelah kereta panjang awal bermesin tanpa kuda, mobil modern pertama dengan desain radiator sarang lebah dalam sejarah menjadi trend-setter dan memicu perubahan desain yang besar : siluet memanjang, output mesin tinggi, radiator sarang lebah, kap mesin rendah, jarak sumbu roda panjang, gerbang penggantian gigi, kolom kemudi miring, roda berukuran sama di kedua gandar dan bobot rendah merupakan fitur inti perintis.

Fitur Desain Legendaris

Desain kendaraan Mercedes 35 hp sebagian besar ditentukan oleh radiator yang menampilkan dirinya ke aliran udara, yang ditiru oleh banyak pabrikan.

Allgemeine Automobil-Zeitung (terbitan 51-52/1902), mengomentari Mercedes Simplex di Paris Motor Show. "Radiator sarang lebah, yang juga mempengaruhi garis kendaraan dalam beberapa hal, hampir tidak dikenal hingga akhirnya di Paris Motor Show. Sejak itu menjadi 'keharusan' bagi sebagian besar insinyur konstruksi Prancis."

Ini diikuti oleh radiator vertikal dan runcing, juga fitur desain yang menentukan selama beberapa dekade. Dari seri model Mercedes-Benz 170 (W 15), mulai 1931, radiator datar tersembunyi di balik gril. Radiator ini digabungkan sebagai bagian dari kap mesin dan, dengan bentuk atap rumahnya, menyerupai radiator runcing.

Gril berlapis krom menjadi ciri khas utama merek ini. Sekarang lebih datar, lebih memanjang dan didesain ulang berkali-kali, masih sampai sekarang.

Radiator Sarang Lebah, Kunci Performa Mesin Mobil Sejak 120 Tahun Lalu

Mercedes-Benz 190 E 2.5-16 Evolution II (W 201, 1990).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper